Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

Telaah Sejawat Inspektorat Kab Wilayah Barat Provinsi Kalteng
16 April 2018 10:57:02 / kalteng1 / dibaca: 215 kali / Kat: Kapabilitas APIP

Telaah sejawat antar Inspektorat Kabupaten Wilayah Barat yang terdiri dari 7 (tujuh) Inspektorat dilakukan di Kuala Pembuang, Kabupaten Seruyan. Ketujuh Inspektorat tersebut terdiri dari Inspektorat Kabupaten Katingan, Inspektorat Kabupaten Kotawaringin Barat, Inspektorat Kabupaten Seruyan, Inspektorat Kabupaten Lamandau, Inspektorat Kabupaten Kotawaringin Timur, Inspektorat Kabupaten Pulang Pisau, dan Inspektorat Kabupaten Sukamara.

Telaah Sejawat adalah kegiatan yang dilaksanakan oleh APIP yang ditunjuk oleh AAIPI guna mendapatkan keyakinan bahwa pelaksanaan kegiatan audit intern pada suatu  APIP lainnya yang ditelaah telah sesuai dengan standar audit intern AAIPI.

Sesuai dengan Pedoman Telaah Sejawat yang dikeluarkan oleh AAIPI, perlu dilakukan persiapan oleh Inspektorat selaku APIP yang akan ditelaah sebelum Telaah Sejawat dilaksanakan.Tim Penelaah harus memenuhi syarat antara lain mempunyai pengetahuan tentang praktik audit sesuai standar audit intern AAIPI dan penerapannya, memiliki pengetahuan pelaksanaan penilaian kualitas audit intern, memiliki kemampuan berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain, memiliki pemahaman cukup tentang proses bisnis Inspektorat.

Kegiatan Telaah sejawat di Provinsi Kalimantan Tengah dibagi dalam 2 wilayah yaitu wilayah barat dan wilayah timur. Kegiatan Telaah Sejawat untuk Inspektorat Wilayah Barat telah dilaksanakan di Kuala Pembuang, Kabupaten Seruyan, pada tanggal 9 – 11 April 2018 dengan peserta dari Inspektorat Kabupaten Katingan, Inspektorat Kabupaten Kotawaringin Barat, Inspektorat Kabupaten Seruyan, Inspektorat Kabupaten Lamandau, Inspektorat Kabupaten Kotawaringin Timur, Inspektorat Kabupaten Pulang Pisau, dan Inspektorat Kabupaten Sukamara. Peserta telaah sejawat Wilayah Barat tercatat sebanyak 51 orang. Narasumber pelaksanaan telaah sejawat sebanyak 3 orang seluruhnya dari Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Tengah.

Kegiatan Pembukaan dan Sosialisasi Pedoman Teknis Telaah Sejawat dilaksanakan pada hari pertama tanggal 9 April 2018 di Aula Bupati dengan dihadiri seluruh peserta dan unsur-unsur pemerintah daerah Kabupaten Seruyan, kapolres, dan komandan kodim

Pada sambutan pembukaan, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Tengah menyampaikan bahwa dalam rangka mendukung Nawacita presiden Joko Widodo, Inspektorat di Kabupaten/Kota harus dapat menjadi ‘early warning’ dalam pengelolaan pemerintah daerah. Salah satu langkahnya adalah dengan meningkatkan kapabilitas masing-masing. Pada tahun 2019, kapabilitas inspektorat harus sudah level 3 dan salah satu aspek untuk pencapaian level tersebut adalah dengan melakukan telaah sejawat antar Inspektorat.

Pembukaan secara resmi dilakukan oleh Pjs. Bupati Kabupaten Seruyan,  Leonard S. Ampung, Dalam sambutan pembukaan, Pjs. Bupati Kabupaten Seruyan menyatakan, “Dalam PP 60 tahun 2008 untuk menjaga mutu Inspektorat adalah dengan dilakukannya telaah sejawat. Berdasarkan RPJMN, semua Inspektorat harus sudah level 3 pada tahun 2019”. Telaah sejawat ini merupakan syarat untuk menuju level 3 tersebut.  

Dana Desa untuk masing-masing desa sudah besar dan akan meningkat. Peran Inspektorat sangat strategis, dimana BPK dan Kemendagri selalu mengharapkan Inspektorat menjadi ujung tombak pengawasan dan pengawalan Dana Desa. Dengan adanya UU Nomor 23 tahun 2014 dan PP Nomor 12 tahun 2017, kedua peraturan tersebut merupakan pilar penguatan APIP agar lebih maksimal.

(Humas BPKP kalteng)



Share      

Berita Terkait:

11 Juli 2018 09:24:37 / kaltim1 / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
Membangun Kapabilitas Inspektorat Kota Balikpapan
04 Juli 2018 14:15:56 / babel2 / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
Tingkatkan Kapabillitas APIP se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung
21 Mei 2018 22:07:56 / kaltara1 / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
Tingkatkan Kapabilitas APIP melalui Telaah Sejawat
14 Mei 2018 22:11:40 / diy1 / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
Upaya Cegah Korupsi Melalui Workshop PBJ
11 Mei 2018 15:02:04 / jateng1 / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
PERAN SPIP DAN APIP DALAM MENDORONG TATA KELOLA PEMERINTAH YANG BAIK