Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

Tingkatkan Kapabilitas Tatakelola Keuangan Desa di Kabupaten Muaro Jambi
09 Maret 2018 11:51:04 / jambi1 / dibaca: 3031 kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek

Perwakilan BPKP Provinsi Jambi bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi melaksanakan Workshop Sistem Tatakelola Keuangan Desa dengan Aplikasi Siskeudes di Muaro Jambi. Workshop yang  diselenggarakan pada Rabu, 7 Maret 2018 bertempat di aula Kantor Bupati Muaro Jambi. Hadir dalam kesempatan tersebut anggota Komisi XI DPR-RI, Dra. Elviana,Msi, Direktur Penyelenggaraan Keuangan Daerah  Wilayah III  BPKP, Iskandar Novianto, Ak., M.si, dan Kepolisian Daerah Provinsi Jambi.

Dalam sambutannya Bupati Muaro Jambi, Hj. Masnah Busro, menyampaikan bahwa tujuan utama adanya aplikasi SISKEUDES ini membantu Desa dalam pengelolaan keuangan desa untuk melakukan pengaggaran, penatausahaan, pelaporan, sampai dengan pertanggungjawaban keuangan desa, selain itu memudahkan Pemerintah Kabupaten dalam melakukan kompilasi laporan keuangan.

Bupati Muaro Jambi mengharapkan kepada seluruh Kepala Desa yang ada di Muaro Jambi agar dapat berkomitmen mendukung Pemerintah Daerah secara nyata dalam mengawasi tata kelola pemerintah desa secara transparan dan akuntabel melalui aplikasi SISKEUDES.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan secara panel yang dimulai dari anggota komisi XI DPR-RI, Dra. Elviana,Msi. Dalam paparannya mengatakan, bahwa seluruh anggota DPR-RI wajib merealisasikan program-program yang telah dicanangkan oleh Pemerintah Pusat ke masing-masing daerah salah satunya yaitu program SISKEUDES yang bekerjasama dengan BPKP membangun pemerintah Desa.

Narasumber dari Kepolisian Daerah Provinsi Jambi, AKBP. Ade Diran, S.H., M.H. menyampaikan pentingnya pertanggungjawaban secara akuntabel dan transparan pada anggaran dana desa agar tidak ada lagi yang terjerat masalah hukum.

Direktur PKD Wilayah III , Iskandar Novianto, Ak., M.si menyampaikan Anggaran yang dikucurkan pemerintah untuk pembangunan desa semakin besar maka dari itu diperlukan sebuah sistem yang mudah untuk dipahami dalam mengelola data yang transparan dan akuntabel. Diharapkan Kepala Desa dapat memahami pentingnya program Sistem Keuangan Desa dalam rangka penyusunan laporan keuangan yang akuntabel dan transparan.

(Humas BPKP Jambi)



Share      

Berita Terkait:

19 September 2018 09:29:14 / sulsel1 / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
BPKP Kawal Pengembangan Manajemen Risiko di Kodam XIV Hasanuddin
12 September 2018 09:45:46 / kalsel1 / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
100% Puskesmas di Banjarbaru Terapkan PPK BLUD
12 September 2018 08:05:57 / papuabarat1 / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Manokwari Fokus Tingkatkan Kompetensi Pengelola Keuangan
10 September 2018 09:09:48 / bengkulu1 / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
BPKP Dorong Strategi Pencegahan Fraud di Bengkulu
13 Agustus 2018 14:37:27 / sumbar1 / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Optimisme Implementasi SIA BUMDes di Kab Agam