Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

Peningkatan Kapabilitas APIP melalui Bimtek Reviu LKPD
09 Maret 2018 11:53:15 / kalteng1 / dibaca: 2001 kali / Kat: Kapabilitas APIP

Reviu atas laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) merupakan amanat dari Peraturan Pemerintah Nomor 8 tahun 2006 tentang Pelaporan Keuangan dan Kinerja Instansi Pemerintah. Tujuan reviu laporan keuangan adalah untuk meningkatkan kualitas laporan keuangan dengan meningkatkan keandalan informasi yang ada dalam laporan keuangan. Dengan terbitnya Peraturan Menteri Keuangan (Permenkeu) Nomor 8/PMK.09/2015 tentang Standar Reviu atas LKPD, maka reviu LKPD yang dilaksanakan sejak tahun 2015 sudah harus berdasarkan standar tersebut.

Aula Inspektorat Kabupaten Gunung Mas (20/2) menjadi tempat dilaksanakannya bimbingan teknis reviu LKPD Berbasis Akrual pada 7 Inspektorat Wilayah Timur Provinsi Kalimantan Tengah. Kegiatan tersebut merupakan bagian dari proses peningkatan kualitas SDM APIP yang merupakan bagian dari peningkatan Kapabilitas APIP. Kegiatan ini diikuti perwakilan dari 7 Inspektorat yaitu Inspektorat Kabupaten Murung Raya, Inspektorat Kabupaten Barito Utara, Inspektorat Kabupaten Barito Timur, Inspektorat Kabupaten Barito Selatan, Inspektorat Kabupaten Kapuas dan Inspektorat Kota palangkaraya serta 15 orang peserta dari tuan rumah yaitu Inspektorat Kabupaten Gunung Mas.

Kegiatan dibuka oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Tengah, Herman Hermawan, yang berharap agar kegiatan serupa dapat dilaksanakan secara bergilir di tempat lain dan direncanakan dalam waktu dekat akan diselenggarakan telaah sejawat 7 Inspektorat wilayah timur dengan Lokasi di Inspektorat Kabupaten Barito Utara.

Herman Hermawan juga menekankan pentingnya pelaksanaan Reviu LKPD berbasis akrual oleh Inspektorat guna meningkatkan kualitas LKPD.

Inspektur Kabupaten Gunung Mas, Luis Eveli, dalam sambutannya menyampaikan dengan terselenggaranya kegiatan ini setidaknya menjadi satu prestasi bagi Kabupaten Gunung Mas jika kegiatan ini berhasil dilaksanakan dengan baik.

Peserta kegiatan Bimtek diberikan materi mengenai Gambaran Umum Reviu LKPD Berbasis Akrual, Pemahaman Akuntansi Berbasis Akrual, Perencanaan Reviu, Pelaksanaan Reviu, Pelaporan Reviu, Sekilas memahami aplikasi SIMDA Keuangan dan BMD untuk keperluan Reviu. Narasumber bimtek seluruhnya berasal dari Bidang P3A dan Bidang APD Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Tengah.

Humas BPKP Kalteng - Isen Mulan - Arus



Share      

Berita Terkait:

24 September 2018 09:31:34 / lampung1 / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
BPKP Aktif Dorong Kapabilitas APIP se-Provinsi Lampung Ke Level 3
17 September 2018 15:49:07 / sumbar1 / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
Peningkatan Transparansi Menuju Good Governance di Sumbar
14 September 2018 07:13:03 / kaltim1 / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
Workshop Telaah Sejawat Bagi APIP di Provinsi Kaltim
06 September 2018 18:51:54 / sulsel1 / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
Telaah Sejawat Antar APIP dan Penilaian Mandiri APIP Sulsel
04 September 2018 09:15:17 / sultra1 / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
Kepala BPKP Sultra dampingi Kunker Menteri Keuangan