KPK dan BPKP Kalbar Lakukan Koordinasi Penguatan Kapabilitas APIP

Senin, 19 Februari 2018, Perwakilan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan kunjungan kerja ke kantor Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Barat. Kunjungan tersebut dalam rangka koordinasi dengan BPKP terkait penguatan kapabilitas Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) di wilayah provinsi Kalimantan Barat. Tim perwakilan KPK tersebut di terima langsung oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalbar Arman Sahri Harahap

Dalam pertemuan tersebut dibahas terkait kondisi tingkat kapabilitas APIP terkini di wilayah Kalimantan Barat, beserta hambatan yang ditemukan di lapangan dalam usaha APIP meningkatkan kapabilitasnya. 

Selain koordinasi penguatan APIP di wilayah provinsi Kalimantan Barat, dalam kunjungan tim dari KPK tersebut juga dibahas mengenai agenda kegiatan Korsupgah guna meningkatkan kapabilitas APIP dengan materi audit investigatif dan probity audit, serta rencana diadakannya kegiatan rapat koordinasi antar kepala daerah untuk menggalang komitmen bersama seluruh kapala daerah dalam upaya pencegahan korupsi di wilayah masing-masing.

Ketua tim dari KPK, Budi Waluya menyampaikan apresiasinya atas peran BPKP sebagai pembina APIP yang telah berupaya dalam penguatan kapabilitas APIP.

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Barat, Arman Sahri Harahap  didampingi oleh Kabag TU, Yudhi Ardiansyah berserta Korwas Bidang APD, Suardi, berharap dengan kerjasama antara BPKP dan KPK ini dapat mendukung dan membantu APIP di daerah untuk bisa berkembang dan meningkatkan kapabilitasnya, sehingga cita-cita bersama pencegahan dan pemberantasan korupsi dapat terlaksana.

(Humas BPKP Kalbar)