Rakor Antar APIP Daerah Wujudkan Kapabilitas Level 3

Bertempat di Hotel Queen Garden, Baturaden Jawa Tengah telah berlangsung Rapat Koordinasi Antar Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP)  Daerah dengan tema “ Mendorong Terwujudnya Capaian Peningkatan Kapabilitas APIP Level 3” Kamis (1/2).

Rakor diselenggarakan selama dua hari mulai tanggal 1 s.d 2 Februari 2018. Narasumber dalam kegiatan RAKOR APIPDA tersebut Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah, Samono,  beserta staff teknis Peningkatan Kapabilitas APIP Perwakilan BPKP Jateng, dan dihadiri oleh Plt. Inspektur Provinsi Jawa Tengah Siswo Laksono, para Inspektur Kabupaten / Kota, para Sekretaris Inspektorat, para Inspektur Pembantu serta para Pejabat Fungsional Auditor  Inspektorat Kab/Kota se Jawa Tengah.

Kegiatan ini merupakan pemantapan dari serangkaian kegiatan Rakortas yang dilakukan oleh para Inspektur Kabupaten/Kota sebelumnya dengan materi pokok koordinasi APIP dengan Aparat Penegak Hukum dalam penanganan aduan masyarakat dan telaah sejawat antar APIP se Jawa Tengah.

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah Samono menyampaikan, bahwa berbicara tentang APIP dan Maturitas SPIP, dalam RPJMN sudah diamanatkan untuk Tahun 2019 Maturitas SPIP harus sudah berada pada level 3. Saat ini terdapat 16 Kab/Kota yang telah mencapai level 3 Kapabilitas APIP , dan 18 Kab/Kota level 2, serta  1 Kabupaten mencapai level 1. Sesuai Perpres 192 Tahun 2014, BPKP juga melakukan pembinaan penyelenggaraan SPIP di Kementerian/Lembaga/Pemda.

Plt. Inspektur Provinsi Jawa Tengah Siswo Laksono, SH,M.Kn, mengatakan telah banyak aduan masyarakat yang langsung ditujukan ke Aparat Penegak Hukum. Hal itu menunjukkan bahwa APIP tidak bisa seratus persen mengendalikan setiap aduan masyarakat, untuk itu satu-satunya cara agar kita bisa mengendalikan aduan dengan meningkatkan level Kapabilitas APIP, sehingga adanya penyelewengan yang terjadi bisa diantisipas sedini mungkin.

Dalam acara tersebut juga dilaksanakan  penandatanganan Berita Acara Kesepakatan Telaah Sejawat antar APIP se Jawa Tengah,  di mana telaah sejawat menjadi salah satu elemen untuk mencapai level 3 Kapabilitas APIP.

Untuk menyamakan persepsi dan memudahkan para auditor dalam melakukan Telaah Sejawat tersebut juga dilakukan sosialisasi dan simulasi Telaah Sejawat pada Hari Jum’at 1 Februari 2018, dengan narasumber dari Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah yaitu Khaerun  dan Tukimin, Pengendali Teknis Bidang P3A, sekaligus sosialisasi Standar Audit dan Kode Etik yg diterbitkan oleh AAIPI. Dalam sosialisasi tersebut diharapkan 35 Kab/Kota di Jawa Tengah pada Tahun 2018 ini sudah bisa Level 3 dari kondisi sekarang yang masih ada 14 Kab/Kota yang berada pada Level 3 Dengan Catatan/ DC.

(Tim Humas BPKP Jateng Teguh/Din)