Evaluasi atas Kegiatan Prioritas Pemberian Bantuan Pendidikan Bagi Anak Usia Sekolah

Perwakilan BPKP Sulawesi Tengah melaksanakan Evaluasi atas Kegiatan Prioritas Pemberian Bantuan Pendidikan Bagi Anak Usia Sekolah Tahun Anggaran 2017 di dua kabupaten. Kali ini Kabupaten Donggala dan Kabupaten Parigi Moutong menjadi lokasi uji petik yang dilakukan oleh Tim Evaluasi dari Perwakilan BPKP. 

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tengah, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Donggala dan Parigi Moutong, Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah, dan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Donggala dan Parigi Moutong dilakukan kegiatan  Evaluasi atas Kegiatan Prioritas Pemberian Bantuan Pendidikan bagi Anak Usia Sekolah Tahun Anggaran 2017.

Dalam kunjungan pada salah satu sekolah/madrasah yang dijadikan lokasi uji petik di Kabupaten Parigi Moutong yaitu MTsN 1 Parigi yang berlokasi di Kecamatan Sausu, Tim Evaluasi BPKP Sulawesi Tengah didampingi oleh staf dari Kemenag Kab Parimo disambut dan diterima oleh Kepala MTsN 1 Parigi, Darsono.

Koordinator Bidang Pengawasan Instansi Pemerintah Pusat, Deny Sundara, menyampaikan maksud dan tujuan diadakannya evaluasi yaitu, menguji keselarasan aturan-aturan terkait kebijakan atas penyaluran bantuan Program Indonesia Pintar (PIP), menguji akurasi basis data yang digunakan sebagai dasar penyaluran bantuan PIP, menguji ketepatan sasaran penerima bantuan PIP sesuai dengan kriteria, dan menilai efektivitas atas penyelenggaraan bantuan PIP.

Menyambut kedatangan tim, Darsono menyampaikan dukungan secara penuh atas kegiatan evaluasi tersebut, terutama terkait masih banyaknya siswa miskin yang belum mendapatkan bantuan PIP. “Saya bersyukur dengan adanya kunjungan tim evaluasi BPKP, karena hal ini dapat mengingatkan pengelola bantuan PIP di sekolah terhadap rambu-rambu yang telah ditetapkan” demikian ditambahkan oleh Darsono.

Diharapkan dengan adanya kegiatan tersebut, terjadi perbaikan terkait keselarasan dalam aturan dan ketentuan, basis data yang akurat, penerima bantuan PIP telah tepat sasaran, dan penyelenggaraan bantuan PIP telah efektif.

(Humas BPKP Sulteng)