Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

BPKP Pabar Raih Penghargaan Pengelolaan Anggaran Terbaik Tahun 2017
27 Desember 2017 10:35:23 / papuabarat1 / dibaca: 678 kali / Kat: Wilayah Tertib Administrasi

Manokwari - Perwakilan BPKP Provinsi Papua Barat meraih penghargaan pengelolaan anggaran terbaik Tahun 2017 bersama lima Satker lainnya dalam acara Penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA), Daftar Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa Tahun 2018 yang diselenggarakan oleh Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendahaaran Provinsi Papua Barat di Hotel Aston Niu Manokwari , Selasa, 19/12/2017.

Penyerahan penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Wakil Gubernur Provinsi Papua Barat, Mohammad Lakotani  kepada Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Papua Barat, Buyung Wiromo Samudro yang didampingi oleh Kepala Bagian Tata Usaha BPKP Papua Barat, Muhammad Surjadi . Penyerahan penghargaan disaksikan oleh Kepala Kantor Wilayah Dirjen Perbendahaaran Provinsi Papua Barat, Muhdi serta para pejabat di lingkungan Pemerintah Daerah Provinsi Papua Barat yang hadir dalam acara tersebut.

Acara Penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA), Daftar Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa Tahun 2018 ini merupakan kegiatan rutin tahunan sebagai bentuk pertanggungjawaban serta usaha untuk membantu percepatan penyerapan anggaran untuk belanja awal Januari 2018 mendatang.  

Dalam sambutan pembukaannya, Kepala Kantor Wilayah Dirjen Perbendaharaan Provinsi Papua Barat, Muhdi menyampaikan "penyerapan belanja Kementerian/Lembaga sampai dengan bulan November 2017, realisasinya menunjukkan peningkatan dibandingkan periode yang sama pada tahun 2016, baik secara nominal maupun dalam persentasenya. Hal ini menunjukan bahwa pelaksanaan anggaran Kementerian/Lembaga di tahun 2017 berjalan lebih baik, sebagai dampak pelaksanaan lelang lebih awal, penetapan DIPA lebih awal, serta perencanaan anggaran yang lebih matang.

Muhdi menambahkan terkait pelaksanaan Transfer ke Daerah dan Dana Desa juga menunjukkan perkembangan tata kelola yang lebih baik. Hal ini salah satunya ditunjukkan dengan Penyaluran DAK Fisik dan Dana Desa yang berbasis kinerja penyerapan anggaran dan ketercapaian output. Namun demikian, dari berbagai evaluasi yang dilakukan dalam pelaksanaan anggaran, Muhdi berkesimpulan bahwa perlu ada upaya yang berkelanjutan dalam rangka meningkatkan kualitas pelaksanaan anggaran.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Gubernur Provinsi Papua Barat, Mohammad Lakotani yang dalam hal ini mewakili Gubernur Provinsi Papua Barat, Dominggus Mandacan, mengajak kepada semua pihak untuk dapat meningkatkan kualitas belanja melalui perencanaan dan pelaksanaan anggaran yang baik dan berkesinambungan. “Perlu dilakukan kajian dalam bentuk reviu belanja dan evaluasi kinerja pelaksanaan anggaran untuk mendapatkan pendekatan yang tepat bagi pembangunan di Provinsi Papua Barat, dalam rangka pelaksanaan anggaran perlu diperhatikan ketepatan waktu pelaksanaannya, ketepatan penyalurannya dengan memperhatikan kepatuhan terhadap regulasi, kesesuaian antara perencanaan dan pelaksanaan serta efisiensi dan efektifitas kegiatan” ungkapnya dalam acara tersebut.

Gubenur juga menambahkan bahwa orientasi pelaksanaan anggaran perlu untuk diarahkan pada pencapaian output dan outcome, yang mana output merupakan hasil performa barang dan jasa yang dihasilkan. Sedangkan outcome yang baik dapat dinilai dari dampak/ tujuan yang dapat dicapai dari pelaksanaan anggaran. Untuk mencapai hal tersebut diperlukan upaya terus menerus dalam membangun sinergi, koordinasi, dan memperkuat sinkronisasi, serta keterpaduan antara program-program Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, dan Pemerintah Kabupaten/Kota.

Pada kesempatan yang sama dilakukan pula penandatangan Pakta Integritas oleh berbagai Satuan Kerja di lingkungan Pemerintah Daerah Se-Provinsi Papua Barat sebagai bentuk sebagai bentuk komitmen dan kesanggupan untuk patuh terhadap peraturan yang berlaku.

(Humas BPKP Pabar/M. Surjadi/Gultom)



Share      

Berita Terkait:

28 Juni 2018 11:27:19 / diy1 / dibaca: kali / Kat: Wilayah Tertib Administrasi
BPKP DIY Launching ZI Menuju WBK dan WBBM serta Gerakan Cinta Kitab Suci
29 Maret 2018 16:09:37 / riau1 / dibaca: kali / Kat: Wilayah Tertib Administrasi
PT Gubernur Riau Apresiasi Laporan Hasil Pengawasan BPKP Perwakilan Riau
05 Maret 2018 09:51:25 / papuabarat1 / dibaca: kali / Kat: Wilayah Tertib Administrasi
BPKP Komit Tingkatkan SPIP, Kapabilitas APIP dan LKPD Pemda Teluk Wondama
20 Pebruari 2018 15:23:08 / sulbar1 / dibaca: kali / Kat: Wilayah Tertib Administrasi
Diskusi Dana Desa untuk Desa Maju di Sulbar
19 Pebruari 2018 08:01:30 / kepri1 / dibaca: kali / Kat: Wilayah Tertib Administrasi
BPKP Kepri Serahkan Laporan Hasil Pengawasan kepada Gubernur Kepri