Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

Pengukuhan Pengurus AAIPI Riau yang baru
27 Desember 2017 07:38:06 / riau1 / dibaca: 906 kali / Kat: Forbes APIP / AAIPI

Asosiasi Auditor Internal Pemerintah Insonesia Provinsi Riau dikukuhkan Gubernur Riau. Deputi Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah BPKP menaruh harapan besar kepada kumpulan auditor tersebut.

"Asosiasi Auditor Internal Pemerintah (AAIP) Provinsi Riau sebagai wadah bersatunya Aparatur Pengawasan intern Pemerintah (APIP) sangat kami harapkan peranannya di Bumi Lancang Kuning ini. Dengan wadah AAIPI ini maka seluruh APIP Riau, yang terdiri dari seluruh inspektorat di Riau termasuk BPKP Perwakilan Riau sendiri, memiliki wadah untuk lebih dapat bersinergi. Dengan sinergi ini, maka seluruh APIP di Riau diharapkan dapat lebih meningkatkan kapabilitasnya,  dalam rangka mewujudkan Quality assurance dan memberikan early warning system. Pada gilirannya, dengan peran APIP dalam wadah AAIPI itu, pemerintah daerah di Riau diharapkan dapat senantiasa terkawal sesuai aturan yang ada," demikian dikatakan Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman yang disampaikan oleh Sekretaris Daerah Riau Ahmad Hijazi, pada pembukaan pengukuhan Pengurus AAIPI Riau, Selasa 19 Desember 2017 di aula Hotel Grand Sentral, Pekanbaru.

Hal senada ditegaskan kembali oleh Deputi  Pengawasan Keuangan Daerah BPKP, Gatot Darmasto. Bahwa maraknya terjadi Operasi Tangkap Tangan (OTT) terutama disebabkan kurang memadainya Sistem Pengawasan Intern Pemerintah (SPIP). Dan organ yang  menjadi motor implementasi SPIP ini adalah inspektorat Prov/Kab/Kota atau APIP Daerah dengan bimbingan BPKP yang memastikan secara memadai bahwa seluruh OPD di Pemdanya telah dimplementasikan SPIP. Sehingga dengan sistem pengendalian yang terintegrasi pada tindakan dan kegiatan ini, masing-masing OPD dapat beroperasi sesuai aturan dan  terarah kepada visi dan misi. Sementara, dengan SPIP yang baik, APIP sendiri dapat lebih meningkatkan pengawasannya.

 "Itu sebabnya, Pemerintah pun menargetkan maturitas SPIP dan kapabilitas APIP dapat mencapai 85% di Level 3 pada akhir RPJMN di tahun 2019," ujar Gatot Darmasto mengingatkan. 

Pengukuhan Pengurus AAIPI dengan Ketua AAIPI Riau yang baru Dikdik Sadikin oleh Sekda Provinsi Riau Ahmad Hijazi, dilanjutkan dengan Seminar "Peran AAIPI dalam Peningkatan Kapabilitas APIP".

Selain Deputi BPKP,  hadir Direktur Eksekutif AAIPI Edi Mulia yang juga menjabat sebagai Kepala Pusat Pembinaan JFA BPKP, dan Inspektur II Kemendagri Sugeng Hariyono.

Ketua AAPI Riau yang baru dikukuhkan Dikdik Sadikin, yang kesehariannya sebagai Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Riau,  mengharapkan dengan wadah AAIPI ini, seluruh inspektorat dan BPKP dapat berperan  lebih dari sekadar "kumpulan". Tapi menjadi "barisan".

"Dengan bersatunya kita di sini, maka kita tidak sekadar kumpul,  yang sekadar menyatakan kata-kata muluk lantas pulang dan tidur. Karena kita bukan lagi sekadar kumpulan, tapi barisan. Barisan itu punya arah yang jelas. Ada target yang akan dicapai dalam waktu yang telah ditentukan. Ada pembagian tugas dengan koordinatornya masing-masing. Semuanya bergerak terarah kepada tujuan. Itu lah kita para auditor internal pemerintah dalam wadah AAIPI, " jelas Dikdik Sadikin. 

(Humas BPKP Riau / Setia Hadi Pranoto)



Share      

Berita Terkait:

04 September 2018 09:19:58 / diy1 / dibaca: kali / Kat: Forbes APIP / AAIPI
Koordinasi dan Sinergi Pengawasan BPKP dengan Inspektorat
03 September 2018 14:24:55 / kepri1 / dibaca: kali / Kat: Forbes APIP / AAIPI
AAIPI Kepri Fokus Tingkatkan Kapabilitas APIP
03 September 2018 14:23:23 / kepri1 / dibaca: kali / Kat: Forbes APIP / AAIPI
Rakorwasda Kepri Tahun 2018: Peran APIP sebagai Trusted Advisor
13 April 2018 16:11:48 / diy1 / dibaca: kali / Kat: Forbes APIP / AAIPI
AAIPI Wilayah DIY Tingkatkan Kapabilitas Guna Capai Level 3
14 Agustus 2017 08:58:00 / diy1 / dibaca: kali / Kat: Forbes APIP / AAIPI
APIP Se Wilayah DIY Lakukan Telaah Sejawat