SIMDA Keuangan dan SISKEUDES Tingkatkan Optimalisasi Penerimaan Negara

 

Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara memenuhi undangan Kepala Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Kota Ternate untuk melaksanakan transfer knowledge mengenai penggunaan aplikasi SIMDA Keuangan dan SISKEUDES (6/12). Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan Optimalisasi Penerimaan dari Sektor Pajak yang Dipungut oleh Bendahara Daerah dan Bendahara Desa di KPP Pratama Ternate.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala KPP Pratama Kota Ternate, Irawan didampingi Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara diwakili oleh Koorwas Bidang Akuntabilitas Pemerintah Daerah, Mardiyanto Arif Rakhmadi. Peserta yang mengikuti kegiatan berasal dari AR (Account Representative), seksi pengawasan dan konsultasi, seksi ektensifikasi, serta fungsional pemeriksa di KPP Pratama Ternate.

Acara tersebut dilatarbelakangi kondisi bahwa 60% dari target penerimaan pajak pusat di Maluku Utara berasal dari belanja pemerintah daerah melalui APBD/APBDes dan sampai dengan akhir bulan November target realisasi penerimaan pajak di Maluku Utara baru mencapai sekitar 70%.

Acara yang berlangsung selama satu hari ini membahas penggunaan SIMDA Keuangan dan SISKEUDES yang berkaitan dengan pemungutan dan penyetoran pajak yang dibayarkan ke negara. Dengan memahami proses bisnis dan penginputan Aplikasi SIMDA dan SISKEUDES memudahkan petugas pajak untuk mengecek, apakah pajak yang dipungut oleh bendahara SKPD maupun bendahara desa sudah sesuai dengan ketentuan dan apakah penyetoran dan pelaporan pajak ke negara oleh bendahara tersebut sudah dilakukan secara teratur.

Diharapkan dengan penggunaan aplikasi SIMDA Keuangan dan SISKEUDES dapat meningkatkan kepatuhan bendahara pemerintah daerah/desa dalam perpajakan.

Melalui kegiatan ini juga diharapkan kerja sama antara instansi terkait peningkatan penerimaan negara dari sektor pajak terus berlangsung dengan baik dan penerimaan dari sektor pajak dapat diraih secara optimal.

(HUmas BPKP Malut)