Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

Evaluasi Pelaksanaan Transaksi Non Tunai Pemprov Lampung oleh Bank Lampung
05 Desember 2017 10:02:31 / lampung1 / dibaca: 1478 kali / Kat: MOU, Kerjasama

Lampung - (22/11) Kepala perwakilan BPKP Provinsi Lampung hadir untuk menjadi Narasumber pada acara  Rapat Evaluasi Pelaksanaan Transaksi Non Tunai Pemerintah Provinsi Lampung oleh Bank Lampung di Ballroom Hotel Sheraton Lampung yang diselenggarakan oleh Bank Lampung.

Hadir sebagai Narasumber dari  pihak Bank Lampung, Deputi Direktur Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung, Noviarsano Manulang dan Kepala kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Lampung, Indra Krisna. Acara di moderatori langsung oleh Pjs Direktur Utama Bank Lampung, M.Syachroni, tersebut juga dihadiri oleh Wakil Bupati Pesisir Barat, Erlina, Komisaris Bank Lampung, Zaidi Rina serta peserta rapat yaitu dari Kepala BAKUDA Provinsi Lampung, Kepala BPKAD Kabupaten/ Kota se Provinsi Lampung dan Kepala Dinas Pendapatan se Provinsi Lampung.

Dalam rapat ini Kepala Perwakilan BPKP Lampung membahas mengenai upaya peningkatan Akuntabilitas dan Transparansi pengelolaan Keuangan daerah serta sebagai pelaksanaan Instruksi Presiden Nomor 10 Tahun 2016 tentang aksi pencegahan dan pemberantasan Korupsi Tahun 2016 dan Tahun 2017 perlu dilakukan percepatan Implementasi transaksi non tunai pada Pemerintah Daerah.

Saat ini Perwakilan BPKP Provinsi Lampung tengah menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Tanggamus, dan Bank Lampung untuk mengembangkan Aplikasi SP2D Elektronik/Kasda Online. Kaper menjelaskan bahwa Sistem ini dibangun untuk memperlancar pelaksanaan transaksi pencairan SP2D. Aplikasi SP2D Elektronik/Kasda Online mempercepat proses pengelolaan keuangan daerah yang terkait dengan pencairan dari Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) ke rekening tujuan (rekening SKPD/Dinas, dan pihak ketiga) di Bank dengan konsep Real-Time Online.

Kepala Perwakilan menambahkan bahwa Aplikasi ini dikembangkan dengan mengintegrasikan Aplikasi Simda Keuangan milik BPKP yang digunakan oleh Pemerintah Daerah dengan system core banking yang dimiliki oleh Bank Lampung, dimana SP2D yang telah diinput dalam Aplikasi SIMDA Keuangan akan terbaca otomatis kedalam system core banking Bank Lampung yang selanjutnya akan diteruskan pindah bukunya ke rekening penerima sesuai di SP2D.

(Humas BPKP Lampung)

  

 

 



Share      

Berita Terkait:

19 September 2018 11:29:22 / kaltim1 / dibaca: kali / Kat: MOU, Kerjasama
BPKP Kaltim Dorong Percepatan Penyelesaian Jalan Tol Balikpapan-Samarinda
19 September 2018 09:03:37 / adminkita / dibaca: kali / Kat: MOU, Kerjasama
Belajar dari Negeri Ginseng Guna Tingkatkan Kualitas Tata Kelola
17 September 2018 12:53:36 / malut1 / dibaca: kali / Kat: MOU, Kerjasama
Diskusi Stakeholders Bahas Hambatan Penyaluran Dana BOS di Malut
12 September 2018 17:02:23 / adminkita / dibaca: kali / Kat: MOU, Kerjasama
Ikuti Perkembangan Regulasi, BPKP dan Kemendagri Sesuaikan Siskeudes
10 September 2018 08:55:04 / sulsel1 / dibaca: kali / Kat: MOU, Kerjasama
Koordinasi BPKP Sulsel ke Kota Parepare