Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

Kab. Magelang Siap Implementasikan Siskeudes
13 Nopember 2017 18:33:02 / suryo / dibaca: 2439 kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek

“Terdapat 200 desa yang akan mengikuti piloting atau pengimplementasian SISKEUDES Versi 1.6 sementara sejumlah 157 desa lainnya akan menyusul di kesempatan berikutnya. Kepala Bidang Perencanaan Pengeloaan Keuangan dan Aset Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Magelang Shinta Artiningsih menegaskan walaupun terlambat pengimplementasian SISKEUDES, Kabupaten Magelang akan cepat mengejar daerah lainnya”. 

Hal tersebut disampaikan oleh Shinta Artiningsih, pada Focus Group Discussion (FGD) Penyusunan FAQ Pengelolaan Keuangan Desa dan SISKEUDES dan Uji Coba Aplikasi SISKEUDES ver. 1.6 yang diselenggarakan di BAPELKES Semarang 2 yang berada di Kabupaten Magelang, Tanggal 6  s.d. 10 November 2017 lalu.

Pada hari ketiga dan keempat acara tersebut dilaksanakan workshop pengimplementasian SISKEUDES ver. 1.6 kepada para calon operator desa yang ada di Kabupaten Magelang. Dua ratus orang peserta yang hadir terdiri dari Kaur Keuangan, Bendahara dan Sekretaris Desa. Sedangkan sehari sebelumnya telah dilaksanakan workshop yang sama kepada para calon Admin di tingkat kecamatan dan kabupaten serta beberapa para pendamping desa.

Dalam acara tersebut menghadirkan narasumber yang berasal dari Satgas Desa Direktorat III Deputi PKD, Kementerian Dalam Negeri dan Perwakilan BPKP DIY. Adapun materi yang disampaikan oleh para narasumber antara lain, Gambaran Umum dan Teknis Aplikasi SISKEUDES, Simulasi Penginputan Menu Perencanaan dan Penganggaran, Penginputan Menu Penatausahaan dan Pelaporan serta Best Practise Implementasi SISKEUDES.

Salah satu peserta yang berasal dari Desa Tanjung Sari Kecamatan Secang D. Karyono, menyampaikan bahwa dengan adanya SISKEUDES, pengelolaan keuangan desa menjadi sangat terbantu sekali. Ia mencontohkan pada saat membuat RPJMN tidak perlu repot lagi, karena semua yang akan dibuat sudah tersedia di SISKEUDES ia hanya tinggal memilih saja. Karyono juga menyampaikan saran atas aplikasi SISKEUDES supaya dibuat dengan lebih simple, agar mudah dipahami oleh para calon operator desa yang sudah berusia lanjut dan kurang mengerti IT.

Humas Pusat (suryo/ratna) end

 



Share      

Berita Terkait:

27 September 2018 13:49:52 / adminkita / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Cegah Korupsi dengan Kelola Risiko Korupsi Terintegrasi
27 September 2018 13:19:51 / sulsel1 / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Gandeng BPKP, Kodam XIV Hasanuddin Bangun Manajemen Risiko
27 September 2018 13:15:10 / bengkulu1 / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Tingkatkan Maturitas SPIP Level 3 di Bengkulu Tengah
19 September 2018 09:29:14 / sulsel1 / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
BPKP Kawal Pengembangan Manajemen Risiko di Kodam XIV Hasanuddin
12 September 2018 09:45:46 / kalsel1 / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
100% Puskesmas di Banjarbaru Terapkan PPK BLUD