Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

Kerja Bersama Tingkatkan Kapasitas Aparat Penegak Hukum
11 Nopember 2017 21:11:45 / sumsel1 / dibaca: 847 kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor

Palembang - Senin (6/11) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), bersama Polri, Kejaksaan Agung, TNI, PPATK, BPK RI, dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) menyelenggarakan Pelatihan Bersama untuk meningkatkan kapasitas aparat penegak hukum, terutama di dalam hal penanganan tindak pidana kasus korupsi, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengadakan kegiatan  yang bertajuk ‘Pelatihan Bersama Peningkatan Kapasitas Aparat Penegak Hukum Dalam Penanganan Tindak Pidana Korupsi untuk Wilayah Hukum Provinsi Sumatera Selatan’

Hadir dalam acara tersebut Ketua KPK Agus Rahardjo, Anggota BPK RI Eddy Mulyadi Soepardi, Kabareskrim Polri Ari Dono Sukmanto, Direktur Penyidikan Jampidsus Kejaksaan Agung Warih Sadono, Deputi Kepala BPKP Bidang Investigasi Iswan Elmi, Deputi Pencegahan PPATK Muhammad Sigit, Wakil Komandan Pusat Polisi Militer TNI Laksma Totok Budi Susanto, Kapolda Sumsel Irjen Pol Zulkarnain Adinegara, Kajati Ali Mukartono, serta Kepala Perwakilan BPK RI Provinsi Sumatera Selatan Maman Abdulrachman dan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Selatan Gillbert A.H. Hutapea.

Menurut Ketua KPK Agus Rahardjo, kegiatan ini dilakukan untuk mengatasi berbagai kendala dalam penanganan perkara tindak pidana korupsi, upaya pengembalian kerugian keuangan negara dan mendorong penerapan UU pencucian uang yang terkait dengan tindak pidana korupsi khususnya pada provinsi Sumatera Selatan.Karena itu, pelatihan ini menjadi amat penting untuk meningkatkan kapasitas aparat penegak hukum, sejak di tingkat penyelidikan, penyidikan, penuntutan hingga eksekusi dalam rangka penyelamatan aset negara hasil tindak pidana korupsi. Karenanya, sinergi dan kerja sama ini mutlak dilaksanakan,

"Tanpa kerja sama antar lembaga penegak hukum dan instansi terkait serta partisipasi aktif masyarakat, tugas penegakan hukum khususnya penanganan perkara tindak pidana korupsi menjadi tidak efektif. Dari sinergi ini diharapkan dapat terwujud kerja sama yang lebih efektif di antara instansi penegak hukum dengan auditor BPK RI dan BPKP dalam pemberantasan korupsi. Karenanya, sinergi dan kerja sama ini mutlak dilaksanakan,”tegas Agus.

Pelatihan yang digelar sejak tanggal 6 s.d.10 November 2017 tersebut, diikuti oleh 164 peserta dari beberapa institusi, yakni 62 penyidik Polda Sumatera Selatan, 46 penyidik dan jaksa penuntut Kejati Sumatera Selatan, 10 auditor BPK RI dan 14 auditor BPKP di Provinsi Sumatera Selatan. Selain itu, 30 penyidik Pomdam Sriwijaya dan Oditur Militer Palembang wilayah Provinsi Sumatera Selatan dan penyidik serta Jaksa Penuntut Umum KPK 2 peserta.Pelatihan ini dinilai penting untuk meningkatkan kapasitas aparat penegak hukum, sejak di tingkat penyelidikan, penyidikan, penuntutan hingga eksekusi dalam rangka penyelamatan aset negara hasil tindak pidana korupsi dan diharapkan dapat memperbaiki sistem-sistem aparat penegak hukum dalam memberantas korupsi di Indonesia khususnya wilayah Sumsel.

Sejak diselenggarakan pada 2012 sampai dengan saat ini , total 3.453 aparat penegak hukum telah mengikuti dari 21 provinsi. Dengan rincian, 1.533 penyidik kepolisian daerah, 1.399 penyidik dan jaksa penuntut kejaksaan tinggi, 206 auditor BPK, 227 auditor BPKP, 6 penyidik pegawai negeri sipil OJK dan 6 orang dari PPATK serta 60 penyidik POM TNI AD dan 16 orang Oditur Militer.

(Humas BPKP Sumsel) end



Share      

Berita Terkait:

13 Juli 2018 09:15:23 / riau1 / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
APIP Riau diharapkan Mampu Melakukan Audit Kinerja dengan Obyektif
11 Juli 2018 10:04:10 / riau1 / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Tantangan Pencapaian Target RPJMN Melalui Audit Berbasis Risiko
04 Juli 2018 13:34:09 / sulsel1 / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
BPKP Sul Sel Perkuat SPI ATKP Kemenhub Melalui Diklat Audit Tingkat Dasar
17 Mei 2018 15:45:17 / ekobayong / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Tingkatkan Kapabilitas APIP melalui Telaah Sejawat
04 Mei 2018 09:13:20 / sulsel1 / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
BPKP Sul Sel Perkuat APIP /Inspektorat melalui Diklat Penilaian Angka Kredit JFA