Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

Jokowi Minta Laporan Duit Desa Tidak Rumit
06 Nopember 2017 15:05:41 / tri_sutrisno / dibaca: 467 kali / Kat: Presiden

Presiden Joko Widodo minta laporan pertanggungjawaban program dana desa dibuat sederhana, tidak rumit. Jangan sampai, justru memberatkan aparat desa dengan hal-hal yang bersifat administratif.

Hal tersebut disampaikan pada rapat terbatas tentang Optimalisasi Lapangan Kerja di Desa (Padat Karya), di Kantor Presiden (3/11/17). Presiden Joko Widodo mengaku masih kerap mendapat keluhan dari kepala desa terkait rumitnya laporan pertanggungjawaban dana desa. Menurut Presiden Joko Widodo laporan pertanggungjawaban dana desa harus sederhana, warga desa jangan sampai dibebankan dengan hal-hal yang bersifat administratif, Semakin sederhana semakin baik. Jokowi menginstruksikan kepada pemangku kepentingan terkait segera menyederhanakan sistem pelaporan dan pertanggungjawaban. Untuk pengawasan dana desa, Presiden Joko Widodo menekankan perlu penguatan pengawasan dari BPKP maupun lembaga pengawasan yang lainnya.

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga meminta agar Kementerian atau Lembaga yang memiliki program di desa dikoordinasikan lagi, baik dari sisi perencanaan maupun dari sisi anggaran pembiayaan. Presiden menekankan agar dana yang mengalir semakin besar di daerah atau di desa seharusnya bisa membuka lapangan pekerjaan yang lebih luas dan mengentaskan kemiskinan. Presiden juga meminta agar dana desa diperkuat dengan program kementerian di desa. Sehingga bisa digunakan untuk mengembangkan sektor-sektor unggulan yang bisa menjadi motor penggerak perekonomian, membuka lebih banyak lapangan pekerjaan di daerah dan di desa, mulai dari industri kecil-menengah, agrobisnis, budidaya perikanan dan sebagainya.

sumber: Harian Rakyat Merdeka (Respons Aspirasi Kepla Desa: Jokowi Minta Laporan Duit Desa Tidak Rumit)



Share      

Berita Terkait:

28 September 2018 12:58:43 / kaltim1 / dibaca: kali / Kat: Presiden
Dorong Percepatan Pembangunan Jalan Tol Balikpapan - Samarinda
03 September 2018 14:18:26 / adminkita / dibaca: kali / Kat: Presiden
Kunjungan DIY, Presiden Jokowi Tinjau Pemanfaatan Dana Desa di Sleman
28 Agustus 2018 08:43:01 / adminkita / dibaca: kali / Kat: Presiden
Presiden Instruksikan BNPB Usulkan Anggaran Dana Pembangunan Rumah Korban Gempa Lombok
21 Agustus 2018 08:25:36 / adminkita / dibaca: kali / Kat: Presiden
Perkuat Pemerataan, Anggaran Transfer ke Daerah dan Dana Desa 2019 Tembus Rp832,3 Triliun
20 Agustus 2018 13:34:09 / adminkita / dibaca: kali / Kat: Presiden
Pidato di Depan MPR, Presiden Jokowi: Pengangguran Turun Jadi 5,13%, Gini Rasio Turun Jadi 0,389