Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

Jokowi Minta Laporan Duit Desa Tidak Rumit
06 Nopember 2017 15:05:41 / tri_sutrisno / dibaca: 182 kali / Kat: Presiden

Presiden Joko Widodo minta laporan pertanggungjawaban program dana desa dibuat sederhana, tidak rumit. Jangan sampai, justru memberatkan aparat desa dengan hal-hal yang bersifat administratif.

Hal tersebut disampaikan pada rapat terbatas tentang Optimalisasi Lapangan Kerja di Desa (Padat Karya), di Kantor Presiden (3/11/17). Presiden Joko Widodo mengaku masih kerap mendapat keluhan dari kepala desa terkait rumitnya laporan pertanggungjawaban dana desa. Menurut Presiden Joko Widodo laporan pertanggungjawaban dana desa harus sederhana, warga desa jangan sampai dibebankan dengan hal-hal yang bersifat administratif, Semakin sederhana semakin baik. Jokowi menginstruksikan kepada pemangku kepentingan terkait segera menyederhanakan sistem pelaporan dan pertanggungjawaban. Untuk pengawasan dana desa, Presiden Joko Widodo menekankan perlu penguatan pengawasan dari BPKP maupun lembaga pengawasan yang lainnya.

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga meminta agar Kementerian atau Lembaga yang memiliki program di desa dikoordinasikan lagi, baik dari sisi perencanaan maupun dari sisi anggaran pembiayaan. Presiden menekankan agar dana yang mengalir semakin besar di daerah atau di desa seharusnya bisa membuka lapangan pekerjaan yang lebih luas dan mengentaskan kemiskinan. Presiden juga meminta agar dana desa diperkuat dengan program kementerian di desa. Sehingga bisa digunakan untuk mengembangkan sektor-sektor unggulan yang bisa menjadi motor penggerak perekonomian, membuka lebih banyak lapangan pekerjaan di daerah dan di desa, mulai dari industri kecil-menengah, agrobisnis, budidaya perikanan dan sebagainya.

sumber: Harian Rakyat Merdeka (Respons Aspirasi Kepla Desa: Jokowi Minta Laporan Duit Desa Tidak Rumit)



Share      

Berita Terkait:

23 Nopember 2017 08:39:26 / adminkita / dibaca: kali / Kat: Presiden
Presiden Jokowi Terbang ke Kuching, Hadiri Annual Consultation RI-Malaysia ke-12
23 Nopember 2017 08:20:32 / adminkita / dibaca: kali / Kat: Presiden
Bank Dunia dan Outlook Perekonomian Indonesia
21 Nopember 2017 10:42:01 / adminkita / dibaca: kali / Kat: Presiden
Jelaskan Pola Baru Pendistribusian Dana Desa kepada DPD
21 Nopember 2017 10:39:43 / adminkita / dibaca: kali / Kat: Presiden
Pembangunan Infrastruktur Bermanfaat Menjaga Persatuan Indonesia
20 Nopember 2017 08:06:33 / tri_sutrisno / dibaca: kali / Kat: Presiden
Ingatkan Warga Tak Pinjam Uang ke Rentenir