Komisi XI DPR RI Ketok Palu Anggaran BPKP Tahun 2018

Jakarta Kamis (19/10) – Komisi XI DPR RI bersama dengan BAPPENAS, Kementerian Keuangan, BPK, BPKP, BPS, dan LKPP mengadakan Rapat Dengar Pendapat dalam rangka pengesahan Pagu Alokasi Anggaran Belanja Kementerian/Lembaga RAPBN 2018 Hasil Badan Anggaran di Ruang Rapat Komisi XI DPR RI. Rapat yang dihadiri oleh pimpinan masing-masing kementerian lembaga beserta jajarannya ini dipimpin oleh Melchias Markus Mekeng dari Fraksi Partai Golkar. selaku Ketua Komisi XI.

Rapat Dengar Pendapat kali ini berjalan relatif singkat mengingat anggaran tersebut telah mendapat persetujuan dari Badan Anggaran dan tidak terjadi perubahan. Pimpinan rapat mengetok palu untuk pagu anggaran BPKP di tahun 2018 sebesar Rp1,452 triliun. Masing-masing anggota Komisi XI berharap dengan disahkannya anggaran ini, kementerian/lembaga terkait dapat berperan optimal dalam mendukung program pemerintah dan berkinerja dengan baik.

Terkait dengan Dana Desa, Andreas Eddy Susetyo dari Fraksi PDI Perjuangan dan Achmad Hatari dari Fraksi Nasdem mengedepankan perlunya koordinasi dari kementerian/lembaga terkait, agar pengelolaan Dana Desa yang begitu besar dapat dilaksanakan secara transparan dan akuntabel. Selain itu, diharapkan juga perlunya pendampingan kepada desa secara intensif agar Dana Desa dapat dikelola dengan baik.

(Humas BPKP Pusat/eji/gilang/edi/santi/end/Cip)