Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

Upaya Percepatan Implementasi Siskeudes Pemkab Tanah Bumbu
25 September 2017 08:57:51 / kalsel1 / dibaca: 5695 kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek

Kepala Perwakilan BPKP Kalimantan Selatan, Salamat Simanullang berkesempatan menyampaikan sambutannya di hadapan Peserta Bimtek Penatausahaan Keuangan Desa dengan Aplikasi Siskeudes bagi Perangkat Desa dan Admin Kecamatan dan Admin Kabupaten Tanah Bumbu Angkatan I. Bimtek diselenggarakan di Rattan Hotel Banjarmasin (13/09)

Pada kesempatan itu Kepala Dinas PMD Kabupaten Tanah Bumbu Suwignyo menjelaskan kepada Kepala Perwakilan bahwa Bimtek ini sebagai langkah lanjutan dari Bimtek yang pernah diselenggarakan tahun 2016. Bimtek ini sendiri bertujuan agar  penatausahaan Keuangan Desa dengan menggunakan Aplikasi Siskeudes dapat dilaksanakan di seluruh desa dan Laporan Realisasi Penggunaan Dana Desa dapat dikompilasikan seluruh kabupaten.

Bimtek angkatan I ini diikuti peserta sebanyak 156 orang untuk 3 kelas, yang terdiri dari 139 orang dari perangkat desa, 12 admin kecamatan dan 5 orang admin kabupaten diselenggarakan dari tanggal 13 September 2017 s.d. 15 September 2017. Sedangkan Angkatan II direncanakan diselengarakan bulan Oktober 2017 minggu II atau III untuk 3 kelas dengan peserta 157 orang.

Kepala Perwakilan BPKP Kalimantan Selatan Salamat Simanullang dalam arahannya menyampaikan Siskeudes merupakan produk dari BPKP bekerjasama dengan Kemendagri, dalam upaya menyediakan alat yang sangat praktis yang dapat digunakan untuk mengelola keuangan desa agar lebih praktis, mudah, transparan, dan lebih akuntabel. Dijelaskan pula bahwa sebelumnya Siskeudes namanya Simda Keuangan Desa, setelah diserahkan kepada Kemendagri dan diberi nama Sistem Keuangan Desa (Siskeudes). Efektivitas pengelolaan keuangan keuangan desa dapat dilihat bila kabupaten dapat menghasilkan laporan keuangan realisasi keuangan seluruh desa dan bimtek ini merupakan salah satu upaya percepatan implementasi Siskeudes dengan mengoptimalkan peran admin kecamatan dan admin kabupaten.

Kepala Perwakilan BPKP Kalsel mengharapkan seluruh bendahara desa mentaati seluruh peraturan tentang pengelolaan keuangan desa, perpajakan dan bila ada ketidakyakinan terkait perpajakan dapat berkonsultasi dengan KPP setempat. Sementara bila ada permasalahan terkait keuangan dapat berkonsultasi dengan BPKP, atau Dinas PMD, dan bila ada permasalahan intepretasi masalah hukum dapat berkonsultasi dengan Kejari. Agar tidak terjadi  hal-hal yang dapat menimbulkan penilaian atas pengelolaan dana desa menjadi tidak baik, dan bahkan dapat menimbulkan hal yang lebih serius yaitu dapat masuk ke ranah Tindak Pidana Kosupsi, kepala Perwakilan mengajak agar kita perbaiki pengelolaan dana desa dengan perbaikan tata kelola, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, dan pelaporan serta pertanggungjawabannya.

Demikian pula melalui bimtek ini diharapkan percepatan implementasi Siskeudes secara penuh dapat terealisasi dengan baik.

(Humas BPKP Kalsel/Sukis/Ahmad/As)

 



Share      

Berita Terkait:

14 Desember 2017 07:34:52 / riau1 / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Pemkab Indragiri Hilir Manfaatkan Couching Clinic BPKP Riau
11 Desember 2017 14:59:30 / malut1 / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
SIMDA Keuangan dan SISKEUDES Tingkatkan Optimalisasi Penerimaan Negara
27 Nopember 2017 11:06:51 / jateng1 / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Kab Rembang Selanggarakan Rapat Gelar Pengawasan Daerah Tahun 2017
24 Nopember 2017 09:00:29 / lampung1 / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Mantapkan Strategi dalam Penyusunan LKPD Menuju WTP
13 Nopember 2017 18:33:02 / suryo / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Kab. Magelang Siap Implementasikan Siskeudes