Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

Balangan Siap Implementasi SISKEUDES 100%
14 September 2017 16:15:03 / kalsel1 / dibaca: 1415 kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek

Arahan Presiden Joko Widodo pada saat Rakornas Pengawasan 2017 agar implementasi aplikasi SIskeudes dapat segera diwujudkan di seluruh desa terus diupayakan. Pemerintah Kabupaten Balangan melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa bekerjasama dengan Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Selatan, kembali menyelenggarakan Bimbingan Teknis Pengelolaan Keuangan Desa menggunakan Aplikasi SISKEUDES untuk aparat desa se-Kabupaten Balangan di Hotel Tree Park Banjarmasin.

Acara ini dibuka pada hari Senin malam (7/9) Pukul 21.00 Wita, dihadiri  Sekretaris DPMD Noor Aspariah, Kabid Keuangan dan Aset Desa Isdiansyah, S.Sos, staf DPMD Kabupaten Balangan, Salamat Simanullang selaku Kepala BPKP Kalsel yang didampingi Achmad Sujalma Korwas Bidang APD dan Muhyidin Khalidi Auditor Madya di lingkungan Perwakilan BPKP Kalsel. Sedangkan peserta Bimtek Angkatan I adalah bendahara desa yang didampingi Perangkat Desa dari 74 Desa di Kabupaten Balangan.

Sekretaris DPMD Noor Aspariah, dalam sambutan pembukaannya menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada BPKP Kalsel yang selalu bersedia mendampingi, membimbing, dan mengawasi pengelolaan keuangan desa di Kabupaten Balangan hingga saat ini. Beliau juga meminta BPKP Kalsel agar tetap bersedia mendampingi Kabupaten Balangan dalam upaya implementasi Aplikasi SISKEUDES secara penuh di seluruh desa.

Sementara itu dalam sambutannya, Kepala BPKP Kalsel Salamat Simanullang mengingatkan kepada Kepala Desa yang hadir untuk tetap waspada dan bekerja sesuai aturan yang berlaku. Hal ini ditegaskan agar para Kepala Desa tidak terjerumus kedalam tindakan penyalahgunaan keuangan desa yang saat ini kasusnya semakin banyak. Salamat juga menyampaikan bahwa Aplikasi SISKEUDES ini dapat menjadi alat kontrol pengelolaan keuangan desa yang dikendalikan bendahara desa agar berjalan sesuai prosedur.

Bimtek ini efektif diselenggarakan selama dua hari dari tanggal 8 sampai 9 Sepetember 2017 dimana pesertanya dibagi ke dalam 4 kelas. Masing-masing kelas difasilitasi dua instruktur dari BPKP Kalsel. Bimtek ini lebih difokuskan kepada pelatihan penatausahaan dan trouble shooting aplikasi yang sering dihadapi oleh operator SISKEUDES di desa.(SS/AS/MK/Zeki)



Share      

Berita Terkait:

16 Oktober 2017 15:45:26 / puslitbang2 / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Pemkot Bekasi Sambut Baik Konsep CACM dan KPBU BPKP
16 Oktober 2017 11:01:16 / kalbar1 / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
BPKP Kalbar Dorong Singkawang Optimalisasi PAD
16 Oktober 2017 07:55:39 / jambi1 / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Implementasi Siskeudes Provinsi Jambi Capai 64,97%
16 Oktober 2017 07:26:29 / gilang / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
BPKP Intens Mengawal Proyek Persiapan Asian Games 2018
13 Oktober 2017 13:46:28 / kalbar1 / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
BPKP Kalbar Dorong Peningkatan Kinerja PDAM Tirta Melawi


Loading the Player...
Video Lainnya