Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

Inspektorat Kabupaten Gunungkidul Semangat Menuju Level 3 Kapabilitas APIP
14 September 2017 16:14:21 / diy1 / dibaca: 381 kali / Kat: Kapabilitas APIP

Perwakilan BPKP DIY kembali menerjunkan tim evaluasi kapabilitas APIP di Inspektorat Kabupaten Gunungkidul. Kegiatan evaluasi dimulai sejak Selasa (29/8) bertempat di aula Inspektorat Kabupaten Gunungkidul. Kedatangan tim evaluator yang dipimpin oleh Cinta Adriani, Auditor Madya Perwakilan BPKP DIY disambut antusias oleh Inspektur Kabupaten Gunungkidul, Sujarwo.

Dalam sambutan pembukaan, Sujarwo sekaligus menyampaikan paparan berjudul “Perkembangan Tindak Lanjut Peningkatan Kapabilitas APIP pada Inspektorat Kab. Gunungkidul”. Dalam paparannya, beliau menjelaskan perkembangan pelaksanaan tindak lanjut hasil evaluasi kapabilitas APIP atas Inspektorat Kabupaten Gunungkidul oleh BPKP DIY tahun 2016, berupa infrastruktur-infrastruktur yang telah dibangun dan dokumentasi atas pelaksanaan infrastruktur tersebut.  Paparan tersebut juga dilengkapi gambar-gambar dokumentasi kegiatan yang dilaksanakan seperti pemberian penghargaan bagi pegawai yang berprestasi, penataan arsip KKA, pelaksanaan konsultasi bagi mitra kerja hingga pemberian keterangan ahli di pengadilan. “Semoga Inspektorat Gunungkidul mencapai level 3 kapabilitas APIP tahun ini,” ungkap Sujarwo mengakhiri sambutannya.

Keseriusan Inspektorat Gunungkidul dalam persiapan menghadapi evaluasi kapabilitas tampak juga dalam upaya mereka menyediakan dokumen-dokumen yang dibutuhkan untuk keperluan evaluasi. Inspektorat Kabupaten Gunungkidul telah menyiapkan sebagian besar dokumen infrastruktur pemenuhan pernyataan IACM dalam bentuk salinan yang telah disusun rapi untuk setiap elemen IACM di ruangan kerja tim evaluator. Selain itu, seluruh pejabat dan staf Inspektorat Kabupaten Gunungkidul bersikap kooperatif dan sangat responsif dalam menyiapkan data ataupun menanggapi permintaan keterangan dari tim evaluator selama proses evaluasi, sehingga tim evaluator mampu menyelesaikan penugasan ini tepat waktu.

Evaluasi kapabilitas APIP pada Inspektorat Daerah Kabupaten Gunungkidul diakhiri dengan exit meeting pada Selasa (12/9) berupa penyampaian simpulan hasil evaluasi di hadapan Inspektur, Irban, auditor serta staf di lingkungan Inspektorat Daerah Kabupaten Gunungkidul. Menanggapi simpulan hasil audit, Inspektur menyatakan memahami dan menerima hasil evaluasi serta siap untuk memperbaiki dan melaksanakan saran-saran yang disampaikan tim evaluator. Tim evaluator belum menyampaikan kesimpulan level kapabilitas untuk Inspektorat Kabupaten Gunungkidul karena hasil evaluasi harus melalui tahapan Quality Assurance (QA) dari BPKP Pusat, namun Bapak Inspektur dengan bergurau mengumumkan kepada para stafnya bahwa Inspektorat Kabupaten Gunungkidul telah mencapai level 3 dengan catatan, yang disambut dengan tepuk tangan dan seruan “amiin” dari para hadirin. 

Pada kesempatan tersebut, Tim evaluator Perwakilan BPKP DIY mendapat kehormatan menyampaikan piagam penghargaan bagi tim audit Inspektorat Kabupaten Gunungkidul yang memperoleh predikat terbaik I, II, dan II berdasarkan penilaian dengan kategori nilai telaah sejawat atas kertas kerja audit masing-masing tim. Predikat terbaik I diraih oleh tim audit atas Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Keluarga Berencana dan pemberdayaan Masyarakat Desa dengan Koordinator Saptoyo, S.Sos. M.Si, Pengendali Teknis Umbuk Wigati, SE., M.Si, dan Ketua Tim Dwi Windarsih, SE. M.Si. Predikat terbaik II diraih oleh Tim audit atas Badan Kepegawaian, pendidikan dan Pelatihan Daerah dengan Koordinator Arif kuncahyo, SIP, Pengendali Teknis Eriantana, SH dan Ketua Tim Fitriyatun Nisa, S.Farm. Sedangkan predikat terbaik III diraih oleh Tim Audit Desa Bendungan Kecamatan Karangmojo dengan Koordinator Drs. Winarno, Pengendali Teknis Ir. Surata dan Ketua Tim Budiantoro, ST.

Pemberian penghargaan bagi tim audit dan pegawai yang berprestasi secara individu merupakan kebijakan Inspektur yang mulai diterapkan tahun 2017 ini dengan tujuan untuk mendorong kinerja seluruh pegawai maupun tim audit serta untuk meningkatkan pengelolaan Sumber Daya manusia secara umum dalam rangka memenuhi pernyataan IACM di elemen 3 (Pengelolaan Sumber Daya manusia). 

(Humas BPKP DIY/Ning)



Share      

Berita Terkait:

19 September 2017 11:28:24 / adminkita / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
Peningkatan Kapabilitas Auditor Intern Pemerintah Menuju Audit Berbasis IT
19 September 2017 10:20:27 / sulbar1 / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
Tingkatkan Sense of Audit Melalui Diklat Pembentukan Auditor Ahli
14 September 2017 09:47:31 / adminkita / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
Kerja Bersama APIP Mengawal Penerimaan Negara
07 September 2017 09:04:20 / riau1 / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
Tiga Sasaran Utama Perbaikan Kinerja APIP
21 Agustus 2017 18:41:22 / jateng1 / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
Simulasi Telaah Sejawat untuk Peningkatan Kapabilitas APIP


Loading the Player...
Video Lainnya