Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

Pengelola Keuangan Desa Pelopor dan Duta Tata Kelola Pemerintahan yang Baik
14 September 2017 09:36:50 / kalbar1 / dibaca: 2035 kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor

Pengelola keuangan desa menjadi ujung tombak pengelolaan keuangan di desa yang kini semakin meningkat dan menjadi sorotan berbagai pihak. Kerja keras dan sinergi dari berbagai pihak, salah satunya BPKP dan Kementerian Dalam Negeri sebagai insiator Aplikasi Siskeudes dan pemerintah desa sebagai pengguna harus terus ditingkatkan. Keberhasilan tata kelola desa menjadi harapan berbagai pihak sebagai perwujudan nawacita ketiga pemerintah yaitu "Membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan"

"Pelaksanaan Diklat Pengelolaan Keuangan Desa dengan Aplikasi Siskeudes bagi pengelola keuangan desa di Kalimantan Barat merupakan bagian dari upaya untuk meningkatkan kualitas tata kelola keuangan di desa", ungkap Arman Sahri Harahap, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Barat saat memberikan arahan pada saat acara pembukaan Diklat Pengelolaan Keuangan Desa dengan Menggunakan Aplikasi Siskeudes. Acara yang diselenggarakan oleh Pusdiklatwas BPKP bekerjasama dengan Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Barat, dibiayai STAR –BPKP berlangsung di Hotel Orchardz, Kota Pontianak pada tanggal 21 Agustus 2017.

Diklat Pengelolaan Keuangan Desa dengan Menggunakan Aplikasi Siskeudes diikuti 34 peserta dari 12 Kabupaten/Kota di Kalimantan Barat, diselenggarakan selama 5 hari dari tanggal 21 Agustus s.d 25 Agustus 2017.

Dalam pengarahannya, Kepala Perwakilan menyampaikan upaya yang dilakukan oleh BPKP bersama-sama dengan Kementrian Dalam Negeri mengembangkan Aplikasi Siskeudes sebagai jawaban atas permintaan dari berbagai pihak pasca diterbitkan UU No 6 Tahun 2014 tentang Desa. Upaya pengembangan dari Aplikasi–Siskeudes sebagai salah satu solusi terkait dengan keterbatasan kompetensi SDM pengelolaan keuangan di desa dan hambatan terhadap keterbatasan fasilitas koneksi dan jaringan internet. Aplikasi Siskeudes merupakan penerapan regulasi yang diterbitkan Kemendagri dan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi dirancang secara terintegrasi dari perencanaan sampai dengan pelaporan dan  memiliki sistem pengendalian intern yang melekat dalam aplikasi sehingga dapat memberikan kenyamanan bagi para pengelola keuangan desa dalam melaksanakan tugas-tugasnya.

Di samping itu Kepala Perwakilan juga meminta agar pengelola keuangan desa dapat menjadi pelopor dan duta terkait tata kelola pemerintahan yang baik di desa melalui kerja profesional yang berintegritas. Hal tersebut menjadi keseharian agar dapat terhindar dari penyimpangan-penyimpangan dan praktik-praktik koruptif yang dapat terjadi karena bertemunya tiga faktor negatif yaitu niat, kesempatan dan pembenaran yang dapat dimiliki pengelola keuangan yang memiliki akses terhadap sumber daya keuangan sehingga tujuan Nawacita untuk membangun Indonesia dari pinggiran dapat segera terealisasi melalui peningkatan kesejahteraan masyarakat menuju Indonesia Jaya.



Share      

Berita Terkait:

22 Nopember 2017 08:18:53 / riau1 / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
BPKP Riau Gelar Diklat Pengelolaan Keuangan Desa
21 Nopember 2017 15:37:49 / sumsel1 / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
BPKP Sumsel Wujudkan APIP yang Berkualitas
20 Nopember 2017 15:20:44 / kaltim1 / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Tingkatkan Kapabilitas APIP, Pemkab Kutai Barat Lakukan Diklat SAKIP
16 Nopember 2017 07:32:25 / riau1 / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
BPKP Riau Selenggarakan Uji Kompetensi Inpassing APIP Wilayah Riau
13 Nopember 2017 21:54:52 / papuabarat1 / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Tingkatkan Kinerja Auditor Melalui Pengembangan Kompetensi