Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

Pembukaan Diklat Pembentukan Auditor Ahli (Blended Learning) Wilayah Provinsi Sumatera Barat
13 September 2017 08:25:03 / sumbar1 / dibaca: 1980 kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor

Padang – Senin (11/09/2017), Pengembangan kapasitas APIP dan penambahan personil APIP menjadi sebuah keniscayaan bagi pencapaian kapabilitas APIP yang mumpuni. Bertempat di Hotel Grand Inna, Padang, Pengelola Diklat BPKP Provinsi Sumatera Barat bekerja sama dengan Pusdiklatwas menyelenggarakan Diklat Pembentukan Auditor Ahli dengan melibatkan peserta dari Wilayah Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau serta Biro Kepegawaian dan Organisasi  BPKP. 

Diklat akan diselenggarakan selama 14 hari kedepan ini, merupakan langkah nyata dalam rangka meningkatkan profesionalisme dan kapabilitas dalam  mewujudkan APIP yang independen, memenuhi kebutuhan jumlah personil APIP, serta memperkuat orientasi pengawasan APIP.

Pembukaan Diklat Pembentukan Auditor Pertama,  dilaksanakan dihadiri oleh pejabat struktural, para Korwas, para pengajar dan sebagai Ketua Penyelenggara diklat, Novizar. Diklat diikuti sebanyak 30 peserta. Metode pembelajar melalui proses blended learning yakni kelas e-learning sekaligus tatap muka selama 130 jam. Untuk kelas tatap muka, materi yang diberikan mulai dari penjelasan JFA dan Pola Diklat, kode etik dan Standar Audit Intern, Manajemen Pemeintahan Daerah, Manajemen Resiko, Dan Audit Intern.

Diklat dibuka secara resmi oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat, Danny Amanda. Dalam sambutannya, Danny menyampaikan bahwa sebagaimana arahan Presiden Republik Indonesia kepada Kepala BPKP pada Rakornaswas Intern Pemerintah pada tanggal 13 Mei 2015 sebanyak 85% APIP diharapkan untuk dapat meningkatkan kapabilitas menjadi level 3 dalam jangka 5 tahun. Pentingnya komitmen inspektorat pemerintah daerah untuk dapat mewujudkan hal tersebut yang juga tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 2 Tahun 2015 Tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional Tahun 2015-2019. Diklat ini sebagai salah satu wujud komitmen dari para Inspektur untuk meningkatkan kapabilitasnya.

Diharapkan para peserta mengikuti diklat secara seksama dan sunguh-sungguh sehingga memiliki pengetahuan, keterampilan dan sikap profesional dengan dilandasi kepribadian dan etika. Setelah diklat berakhir, para peserta dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu sehingga dapat meningkatkan pengetahuan dan kemampuan. Setelah lulus ujian sertifikasi, peserta diharapkan mempunyai kompetensi untuk melaksanakan tugas sebagai Auditor Ahli dengan tugas, wewenang,  dan tanggung jawab yang lebih besar.

Humas BPKP Sumbar (app/dw)



Share      

Berita Terkait:

22 Nopember 2017 08:18:53 / riau1 / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
BPKP Riau Gelar Diklat Pengelolaan Keuangan Desa
21 Nopember 2017 15:37:49 / sumsel1 / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
BPKP Sumsel Wujudkan APIP yang Berkualitas
20 Nopember 2017 15:20:44 / kaltim1 / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Tingkatkan Kapabilitas APIP, Pemkab Kutai Barat Lakukan Diklat SAKIP
16 Nopember 2017 07:32:25 / riau1 / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
BPKP Riau Selenggarakan Uji Kompetensi Inpassing APIP Wilayah Riau
13 Nopember 2017 21:54:52 / papuabarat1 / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Tingkatkan Kinerja Auditor Melalui Pengembangan Kompetensi