Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

Upaya Tingkatkan Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan
08 September 2017 11:16:49 / jabar1 / dibaca: 10394 kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor

Pemerintah Kabupaten Indramayu dan enam Inspektorat yang tersebar di wilayah Provinsi Jawa Barat bekerja sama dengan Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Barat dalam  peningkatan akuntabilitas pengelolaan keuangan dan pembangunan nasional. Kerjasama ini dilakukan  dengan mengambil langkah penambahan kuantitas auditor melalui Diklat Pembentukan Auditor Pertama. 

Diklat akan diselenggarakan selama 19 hari kedepan ini, merupakan langkah nyata dari Pemkab/Inspektorat yang tersebar di wilayah Provinsi Jawa Barat, untuk meningkatkan profesionalisme dan kapabilitas dalam  mewujudkan APIP yang independen, memenuhi kebutuhan jumlah personil APIP, serta memperkuat orientasi pengawasan APIP.

Pembukaan Diklat Pembentukan Auditor Pertama,  dilaksanakan di Aula Edelwiss pada hari Rabu (6/9) dihadiri pejabat struktural, para Korwas  dan para pengajar dan sebagai Ketua Penyelenggara diklat, Agus  Istiyadi. Diklat diikuti sebanyak 26 peserta.

Diklat dibuka secara resmi oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Barat, Iman Achmad Nugraha. Dalam sambutannya Iman menyampaikan bahwa peran APIP sebagai pengawas harus memiliki sikap profesional. Pada kesempatan itu Iman juga menjelaskan pentingnya pengawasan intern. Sebagaimana diketahui sesuai Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 60 tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah dijelaskan bahwa Pengawasan Intern adalah seluruh proses kegiatan audit, reviu, evaluasi, pemantauan, dan kegiatan pengawasan lain terhadap penyelenggaraan tugas dan fungsi organisasi dalam rangka memberikan keyakinan yang memadai bahwa kegiatan telah dilaksanakan sesuai dengan tolok ukur yang telah ditetapkan secara efektif dan efisien untuk kepentingan pimpinan dalam mewujudkan tata kepemerintahan yang baik.

Diharapkan para peserta mengikuti diklat secara seksama dan sunguh-sungguh dan setelah selasai diklat ini para peserta dapat menerapkan ilmu yang telah diperolehnya di tempat masing-masing.

(Humas BPKP Jabar)



Share      

Berita Terkait:

17 Mei 2018 15:45:17 / ekobayong / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Tingkatkan Kapabilitas APIP melalui Telaah Sejawat
04 Mei 2018 09:13:20 / sulsel1 / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
BPKP Sul Sel Perkuat APIP /Inspektorat melalui Diklat Penilaian Angka Kredit JFA
04 Mei 2018 08:26:56 / riau1 / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Urgensi Kapabilitas APIP dalam Mengawal Kinerja Pemerintah
26 April 2018 08:00:03 / sulsel1 / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
BPKP Sulsel Tingkatkan Kompetensi Auditor APIP
19 April 2018 11:35:02 / sulsel1 / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Fokus Pengawasan APIP bergeser ke arah Pengawasan Kinerja