Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

Menuju Peran Efektif Inspektorat Kabupaten Bantul
11 Agustus 2017 08:09:14 / diy1 / dibaca: 3409 kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek

Inspektorat Daerah Kabupaten Bantul menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) Pengawasan Penyusunan Kebijakan, Sistim dan Prosedur Pengawasan. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Rabu (2/8) bertempat di Ruang Parangkusumo 2 Hotel Ros In Yogyakarta.  FGD Pengawasan ini diikuti oleh Inspektur, Sekretaris, para Inspektur Pembantu, Pengendali Teknis (Dalnis), Ketua Tim, serta para Kepala Sub Bagian di lingkungan Inspektorat Kabupaten Bantul.  Narasumber FGD dari BPKP Perwakilan Daerah Istimewa Yogyakarta.

FGD  pengawasan dimaksudkan untuk memberikan bekal pemahaman tentang tugas fungsi APIP dan best practice audit khususnya bagi Inspektur dan para Inspektur Pembantu yang baru dan belum memiliki pengalaman di bidang audit, sekaligus penyegaran kembali tentang pentingnya dilaksanakan praktek profesional bagi para auditor.

Kegiatan FGD diawali dengan pengarahan Inspektur Kabupaten Bantul, Hermawan Setiaji yang menyampaikan pentingnya pemahaman tentang tugas dan fungsi APIP dalam rangka peningkatan kualitas praktek profesionalisme auditor untuk mencapai tujuan dan peran efektif APIP. Peran efektif pengawasan oleh APIP sangat diperlukan dalam rangka mengawal dan menyukseskan pencapaian target pembangunan yang menjadi prioritas kepala daerah untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Korwas Bidang P3A, Risparanto sebagai narasumber pertama memaparkan pentingnya  fungsi APIP sebagai early warning system dan quality assurance melalui upaya pengawasan dalam mewujudkan peran tiga peran efektif APIP (assurance activities; consulting/advisory activities, anti corruption activities). Untuk mewujudkan  hal tersebut diperlukan pengembangan berkelanjutan sumber daya dan kapabilitas APIP agar dapat kegiatan assurance dan consulting/advisory secara profesional.

Sidik Wardya,  Dalnis di Bidang P3A, sebagai narasumber kedua memaparkan proses pengawasan sejak perencanaan PKPT, perencanaan pemeriksaan, pelaksanaan pemeriksaan dan penyusunan serta penyampaian laporan. Dalam paparan proses pengawasan selain membahas secara detil praktik ideal pemeriksaan juga menekankan pentingnya peran supervisi yang harus dilakukan para pengendali teknis, para inspektur pembantu dan Inspektur.

Pelaksanaan kegiatan berjalan lancar dan kondusif, tergambar pada antusiasme peserta FGD yang tetap fokus pada substansi FGD dan aktif terlibat diskusi dengan banyak menanyakan permasalahan yang banyak ditemukan pada saat audit dilaksanakan.

(Humas BPKP DIY/Sdk/end)



Share      

Berita Terkait:

19 Pebruari 2018 09:36:25 / riau1 / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Pemkab Pelalawan Manfaatkan Coaching Clinic BPKP Riau Menyusun LKj
14 Pebruari 2018 16:16:03 / dony_pe / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Dalami Hambatan Pengelolaan Anggaran, BPKP Gelar Worskhop
14 Pebruari 2018 15:08:28 / jambi1 / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
BPK RI Perwakilan Provinsi Jambi Samakan Persepsi tentang Siskeudes
04 Pebruari 2018 09:18:02 / jambi1 / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Sinergi BPK RI Jambi – BPKP Jambi Bangun Akuntanbilitas Keuangan Daerah
02 Pebruari 2018 09:36:49 / jambi1 / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
BPKP Jambi Tingkatkan Kapabilitas APIP se-Provinsi Jambi