Erzaldi Minta BPKP Bina 24 Desa Percontohan di Wilayah Kepulauan Babel

Pangkalpinang - Kamis (03/08), Kepala Perwakilan BPKP Raden Suhartono menyerahkan Laporan Hasil Pengawasan Semester I Tahun 2017 Perwakilan BPKP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung kepada Gubernur H. Erzaldi Rosman di Kantor Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Hasil Pengawasan yang disajikan dalam laporan tersebut dikelompokkan ke dalam empat fokus pengawasan yaitu pengawalan akuntabilitas pembangunan nasional, peningkatan kontribusi ruang fiskal, pengamanan aset Negara/Daerah, dan peningkatan Governance System.

Raden Suhartono yang hadir didampingi Kepala Bagian Tata Usaha Kahar dan para Koordinator Pengawasan pada Perwakilan BPKP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Mokhamad Hasan Riyadi, Susanto, R. Hanung Habsoro, serta Achmad Julianto menyampaikan pokok-pokok hasil pengawasan dalam perspektif empat fokus pengawasan. 

"Hasil pengawasan ini sebagaimana yang sudah kami sampaikan ada empat fokus pengawasan, yang pertama adalah akuntabilitas pembangunan nasional, ruang fiskal, aset Negara/Daerah, dan Governance System." jelas Raden. Selanjutnya Kepala Perwakilan menjabarkan lebih lanjut mengenai titik berat rekomendasi dari masing-masing fokus pengawasan yang harus segera ditindaklanjuti oleh Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Atas laporan tersebut, Erzaldi Rosman langsung memberikan arahan kepada Kepala Badan Keuangan Daerah Fery Afriyanto, Inspektur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Yulizar, serta Asisten Bidang Administrasi Umum Sekretariat Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung K. A. Tajuddin yang ikut hadir pada kesempatan tersebut, untuk merangkum, menindaklanjuti, dan merumuskan segera langkah yang harus dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. "Kita inginnya cepat, mumpung masih semangat-semangatnya, sehingga semangat untuk bergerak itu cepat, dengan begitu nantinya kita akan terbiasa untuk bergerak cepat." tegas Erzaldi.

Pada kesempatan tersebut, Erzaldi juga menyampaikan keinginannya terkait dengan pembinaan terhadap Pengelolaan Dana Desa di wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung "Kita dorong 24 desa untuk dibina oleh BPKP menjadi desa percontohan bagi desa-desa lain untuk belajar, sehingga lebih mudah pembinaan terhadap keseluruhan desa." ungkap Erzaldi.

Menutup pertemuan tersebut, Kepala Perwakilan BPKP menyampaikan harapannya agar Laporan Hasil Pengawasan Semester I Tahun 2017 Perwakilan BPKP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dapat dimanfaatkan oleh Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. "Semoga laporan kami ini bisa menjadi salah satu bahan pengambilan keputusan Bapak, untuk Babel yang  lebih baik." tutup Raden.

(Humas Babel/kdp/kdp)

 

 

(Humas Babel/kdp/kdp)