Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

Basis Data yang Tepat Dorong Percepatan Pengentasan Kemiskinan
02 Agustus 2017 14:31:26 / suryo / dibaca: 3937 kali / Kat: Sosialisasi

“Kedalaman kemiskinan dan keparahan kemiskinan mengalami kenaikan saat ini, semakin dalam kemiskinan maka semakin sulit untuk dientaskan” hal tersebut disampaikan oleh Direktur PLP Bidang Kesejahteraan Rakyat Deputi PIP Bidang Polhukam PMK BPKP Ari Dwikora pada saat Sosialisasi Audit Tujuan Tertentu atas Tata Kelola Program Pengentasan Kemiskinan yang berlangsung di Auditorium Gandhi Kantor Pusat BPKP tanggal 1 Agustus 2017 kemaren.

Bertindak sebagai narasumber Sosialisasi Audit Tujuan Tertentu atas Tata Kelola Program Pengentasan Kemiskinan adalah Ari Dwikora Direktur PLP Bidang Kesejahteraan Rakyat Deputi PIP Bidang Polhukam PMK BPKP, Doddy Setiadi Direktur  Direktur PLP Bidang Pertahanan Keamanan Deputi PIP Bidang Polhukam PMK BPKP, dan Agus Harja S Kasubdit II Direktorat PLP Bidang Kesejahteraan Rakyat Deputi PIP Bidang Polhukam PMK BPKP.

Peserta sosialisasi meliputi para pejabat eselon II di lingkungan BPKP baik pusat maupun perwakilan. Pada kesempatan tersebut Ari Dwikora menyampaikan kondisi basis data kepesertaan program pengentasan kemiskinan yang masih tumpang tindih dan saling beririsan. Lebih lanjut ia menegaskan seharusnya basis data kepesertaan yang ideal saling terkait dan merupakan gabungan antar satu dengan yang lainnya.

Doddy Setiadi pada kesempatan yang sama menyampaikan beberapa masalah pada program pengentasan kemiskinan yang dilaksanakan oleh pemerintah, antara lain adalah  adanya orang yang sudah meninggal namun masih ada dalam daftar kepesertaan. Atas permasalahan tersebut ia menyampaikan solusi permintaan surat kematian yang melampirkan KTP asli dan KTP yang bersangkutan selanjutnya tidak diberlakukan.

Agus Harja pada paparannya menyampaikan yang perlu dilakukan  adalah menguji ketepatan sasaran dari basis data yang ada, yang selanjutnya basis data yang di peroleh akan di break down ke perwakilan-perwakilan BPKP untuk dipastikan ketepatan atas basis data tersebut, oleh karenanya diperlukan bukti empiris terkait tepat dan tidaknya basis data yang ada.

(Humas BPKP Pusat/suryo/eji/tri/santi)



Share      

Berita Terkait:

05 Desember 2017 15:02:01 / adminkita / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi
Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengawasan yang Berkualitas
05 Desember 2017 11:22:23 / lampung1 / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi
Mengawal Pembangunan dan Keuangan Desa dengan SISKEUDES
05 Desember 2017 11:21:56 / puslitbang2 / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi
Peningkatan Kualitas Hasil Penelitian dengan Pembinaan dan Koordinasi Litbang
24 Nopember 2017 16:56:08 / adminkita / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi
Tingkatkan Pelayanan, BPJS Ketenagakerjaan Perkuat Kolaborasi dan Inovasi
23 Nopember 2017 18:36:26 / tri_sutrisno / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi
Imunitas Masyarkat Kunci Pemberatasan Narkoba