Perlunya Perbaikan Integritas dalam Pengelolaan APBD

Gubernur Provinsi DKI Jakarta Jarot Syaiful Hidayat mengarisbawahi perlunya perbaikan integritas dari semua pihak yang terlibat dalam pengelolaan APBD. Hal itu dikemukakan Jarot saat acara audiensi dalam rangka pelaksanaan pengukuhan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi DKI Jakarta yang baru, pada hari Kamis (20/7) lalu.

Audiensi Kepala Perwakilan BPKP Provinsi DKI Jakarta

Acara dihadiri pula oleh Deputi Kepala BPKP Bidang Akuntan Negara, Bonny Anang Dwijanto, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi DKI Jakarta, Bambang Utoyo, Korwas Bidang Akuntabilitas Pemda, Erlina Hartanti dan Ketua Tim di Bidang APD, Puji Prastowo.

Pada kesempatan tersebut, Bonny Anang Dwijanto menyampaikan bahwa salah satu tujuan audiensi untuk menginformasikan adanya pergantian Kepala Perwakilan BPKP Provinsi DKI Jakarta dan memperkenalkan Bambang Utoyo sebagai Kepala Perwakilan BPKP Provinsi DKI Jakarta yang baru, serta permohonan kesempatan untuk pengukuhan Kepala Perwakilan yang baru.

Gubernur DKI Jakarta, Jarot Syaiful Hidayat,yang saat itu didampingi Inspektur DKI Jakarta, Zaenal dan Irban I, menyampaikan apresiasi atas kunjungan dari BPKP. Terkait dengan pelaksanaan pengukuhan akan segera dijadwalkan lebih lanjut. Dalam kegiatan audiensi tersebut juga didiskusikan beberapa hal, antara lain terkait dengan penguatan penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) melalui peningkatan leveling tingkat maturitas SPIP yang harus di implementasikan oleh seluruh SKPD di lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Disamping itu dibahas pula mengenai penguatan kapabilitas APIP, antara lain melalui peningkatan jumlah Auditor yang kompeten, SOP atau pedoman.

Terhadap hal tersebut, Gubernur mengarisbawahi perlunya perbaikan integritas dari semua pihak yang terlibat dalam pengelolaan APBD. Disamping itu, Gubernur juga berharap BPKP bisa terlibat mulai tahap perencanaan.

(Humas BPKP DKI)