Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

Evaluasi dan Monitoring Kegiatan Pengawasan BPKP
10 Juli 2017 14:58:07 / suryo / dibaca: 726 kali / Kat: Sosialisasi

Komitmen BPKP dalam menjalankan keempat fokus pengawasannya, ditunjukkan dengan melakukan perbaikan tata kelola. Sebagai upaya untuk memperbaiki tata kelola kegiatan pengawasan agar semakin tajam dan berkontribusi terhadap pencapaian target prioritas nasional antara lain telah dibangun SIMA 4.0. Integrasi sistem informasi dalam manajemen pengawasan diharapkan membantu pimpinan BPKP dalam mengevaluasi dan memonitor kegiatan pengawasan, baik di tingkat pusat maupun perwakilan di seluruh Indonesia. 

Deputi Kepala BPKP dan Sekretaris Utama BPKP melakukan evaluasi atas kegiatan pengawasan dalam pembukaan Workshop SIMA 4.0 di Aula Gandhi, Kantor Pusat BPKP. Pada hari pertama pelaksanaan Workshop SIMA 4.0 (6/7), kegiatan diawali dengan diskusi panel para Deputi Kepala BPKP dan Sekretaris Utama BPKP, yang dimoderatori oleh Deputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan Instansi Pemerintah bidang Polsoskam PMK Binsar H Simanjuntak. 

Pada kesempatan tersebut, Deputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan Instansi Pemerintah Bidang Perekonomian dan Kemaritiman, Nurdin berpesan agar BPKP berfokus pada pelaksanaan program dengan outcome yang cepat dan akuntabel guna menghasilkan dampak positif yang lebih besar, seperti peningkatan kesejahteraan rakyat, penurunan kemiskinan, penurunan Rasio GINI, dan pertumbuhan ekonomi. Dengan melakukan perbaikan tata kelola, BPKP diharapkan dapat menjadi energi perbaikan bagi kementerian dan lembaga lainnya. Bagaimana hal tersebut dapat terwujud, perlu dipikirkan implementasi selanjutnya.

Sejalan dengan hal tersebut, Deputi Kepala BPKP Bidang Penyelenggaraan Keuangan Daerah, Gatot Darmasto mengingatkan bahwa peningkatan kapabilitas APIP telah menjadi salah satu kegiatan prioritas nasional. Gatot menghimbau agar perwakilan BPKP berkoordinasi untuk segera mempercepat pencapaian kapabilitas APIP Level 3. Agar dapat mengurangi tingkat korupsi, peningkatan kapabilitas APIP ini harus diikuti dengan perbaikan tata kelola, di antaranya pengendalian kegiatan pengawasan.

Mewakili Deputi Kepala BPKP Bidang Akuntan Negara, Dadang Kurnia berpesan agar para peserta mengomunikasikan kendala yang dialami agar dapat segera ditangani oleh pihak konsultan, seperti pertimbangan mekanisme pengajuan penambahan program pengawasan (PP) secara online dan penambahan menu monitoring bagi rendal yang memisahkan PP awal dan PP tambahan.

Terkait kegiatan keinvestigasian, Deputi Bidang Investigasi Iswan Elmi memaparkan target dan realisasi penugasan keinvestigasian. Untuk mempercepat pencapaiannya, Iswan menyebutkan beberapa upaya, antara lain perlunya koordinasi dengan stakeholder, koordinasi antar bidang di perwakilan, dan pengembangan informasi publik di media.

Menutup diskusi panel, Dadang Kurnia berpesan kepada setiap unit kerja untuk menyusun Satgas SIMA dengan melibatkan para pranata komputer. Keseluruhan hal ini merupakan bentuk dukungan agar seluruh pihak di BPKP dapat berkinerja dengan baik.

Tim Humas Pusat (suryo/nadia/tri)

 

 



Share      

Berita Terkait:

19 Juli 2017 15:49:04 / suryo / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi
Pengaruh Kapabilitas APIP dan Maturitas SPIP Terhadap Layanan Publik
19 Juli 2017 10:24:16 / suryo / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi
STAR-BPKP Instrumen Strategis untuk Mencapai Cita-cita Negara
19 Juli 2017 09:52:36 / sulbar1 / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi
Iswan Elmi: Kita Harus Menjadi Bangsa Pejuang
13 Juli 2017 10:33:09 / kalsel1 / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi
Inspektorat “Mata dan Telinga” Pimpinan di Daerah
13 Juli 2017 10:10:34 / nurjana / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi
Wujudkan Laporan Keuangan yang Akurat dan Tepat Waktu


Loading the Player...
Video Lainnya