Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

Efisiensi dan Efektivitas Proses Bisinis BPKP dengan SIMA 4.0
07 Juli 2017 15:29:43 / suryo / dibaca: 2219 kali / Kat: Sosialisasi

 “SIMA diharapkan meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses bisnis BPKP”, demikian disampaikan oleh Kepala Pusat Informasi Pengawasan BPKP,  Iwan Taufiq Purwanto pada Workshop SIMA Eksekutif yang dilaksanakan pada Kamis 6 Juli 2017 di Auditorium Gandhi, Lantai 2 Kantor Pusat BPKP, Jalan Pramuka Nomor 33, Jakarta Timur.

Workshop atau pelatihan SIMA Eksekutif diikuti oleh para Kepala Perwakilan dan Direktur didampingi oleh para pejabat eselon 3yang ada di lingkungan BPKP. Pada sesi pertama workshop dilakukan penyampaian pengantar mengenai SIMA yang disampaikan oleh Kepala Pusat Informasi Pengawasan BPKP Iwan Taufiq Purwanto dan Kepala Biro Perencanaan Pengawasan BPKP Adil Hamonangan Pangihutan.

Mengawali panel diskusi, Iwan Taufiq Purwanto menjelaskan  bahwa Sistem Informasi Manajemen Akuntabilitas (SIMA) telah dikembangkan sejak Tahun 2013 dengan bantuan Konsultan Teknologi Informasi  PT Telkom. Iwan juga menuturkan bahwa SIMA akan diintegrasikan dengan aplikasi-aplikasi lain di BPKP, seperti Sispedap dan Dashboard Pimpinan. Internalisasi SIMA dilakukan dengan membangun infrastruktur, regulasi, penyusunan pedoman, kegiatan workshop/edukasi, perubahan perilaku, dan implementasi keamanan, imbuhnya.

Berikutnya,  Setia Pria Husada, Kepala Bagian Penyusunan Rencana, Biro Perencanaan Pengawasan. memaparkan SIMA REN. SIMA LAPOR dipaparkan oleh Agust Julian, Kabid Pengembangan Sistem Informasi, Daissy Erdianthy, Kabid Pengelolaan Data dan Informasi, serta  tim Biro Renwas dan Pusinfowas BPKP.

Proses bisnis SIMWAS Investigasi  disampaikan oleh Direktur Investigasi BUMN/BUMD Agustina Arumsari. Agustina menjelaskan proses bisnis yang berbeda antara SIMWAS Investigasi dengan SIMA Pelaksanaan dan SIMA Pelaporan adalah terkait worksheet audit investigatif dan perhitungan kerugian keuangan negara, yang memberikan informasi tentang pelaksanaan kegiatan keinvestigasian secara rinci.

Pada sesi berikutnya disampaikan materi mengenai SIMA Pelaporan, SIMWAS KLPBU, Aplikasi Monitoring Eselon II oleh Tim Pusinfowas. Dan yang menarik pada akhir acara ada penyampaian materi yang disampaikan oleh Kepala Perwakilan BPKP Kepulauan Riau Panijo mengenai Aplikasi Sistem Informasi Monitoring Belanja Modal (SIMBEMO). Menurut Panijo Aplikasi SIMBEMO diharapkan berkontribusi dengan menyediakan database Belanja Modal yang berguna untuk kebutuhan informasi pengawasan BPKP. Monitoring Belanja Modal dilakukan sejak proses pengadaan sampai pelaporan, imbuhnya.

 

(Humas BPKP Pusat/suryo,tri,gilang, adi)NS



Share      

Berita Terkait:

16 Nopember 2017 13:41:46 / bali1 / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi
Semua Desa Di Provinsi Bali Sudah Terapkan Siskeudes
14 Nopember 2017 15:42:27 / suryo / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi
Hati-Hati Terhadap Upaya Penipuan dengan Mengatasnamakan BPKP
14 Nopember 2017 08:43:50 / kalbar1 / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi
Gunakan Dana Desa untuk Program yang Menggerakkan Perekonomian Pedesaan
11 Nopember 2017 17:11:25 / sumsel1 / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi
Kerja Bersama Mengawal Akuntabilitas dan Tranparansi Dana Desa
11 Nopember 2017 13:26:36 / kalbar1 / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi
Terapkan Prinsip Akuntabilitas dalam Pengelolaan Keuangan Desa


Loading the Player...
Video Lainnya