Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

DPW AAIPI Kalimantan Timur Selenggarakan Workshop Telaah Sejawat
19 Juni 2017 14:40:51 / kaltim1 / dibaca: 2702 kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Timur Doddy Setiadi menilai bahwa level kapabilitas APIP yang lebih tinggi merupakan  ukuran yang realistis dalam praktik-praktik pengawasan di Inspektorat.

Kalimantan Timur – (7/6) Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Timur menyelenggarakan Workshop Telaah Sejawat di Lingkungan APIP Provinsi Kalimantan Timur bertempat di ruang Diklat Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Timur.

Ketua penyelenggara, Korwas Bidang P3A BPKP Provinsi Kalimantan Timur Harry Bowo yang juga menjabat sebagai Direktur Eksekutif  Dewan Pengurus Wilayah Asosiasi Auditor Intern Pemerintah Indonesia (AAIPI) Wilayah Kalimantan Timur melaporkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mendukung peningkatan kapabilitas APIP menuju level 3. Hal ini sebagaimana diamanatkan Presiden RI pada Rakorwasnas tahun 2015, bahwa pada tahun 2019 diharapkan APIP dapat mencapai level 3, level dimana  Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) mampu menilai efisiensi, efektivitas, ekonomis suatu kegiatan dan mampu memberikan konsultasi pada tata kelola, manajemen risiko dan pengendalian intern.

Seluruh instruktur dan pendamping dalam kegiatan yang berlangsung mulai tanggal 7 Juni sampai dengan 8 Juni 2017 tersebut adalah auditor Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Timur.

Inspektur Provinsi Kalimantan Timur Muhammad Sa'duddin yang berkesempatan hadir pada acara tersebut mengapresiasi kegiatan workshop Telaah Sejawat ini. Sa’duddin berharap dengan seringnya diadakan pertemuan-pertemuan semacam ini semua masalah yang berkaitan dengan APIP, khususnya Inspektorat baik terkait dengan SDM maupun kompetensi inspektur juga menjadi perhatian pihak-pihak yang terkait. “Profesionalisme maupun independensi menjadi sebuah harapan, sehingga orang luar bisa menilai kinerja Inspektorat secara proporsional”, harap Inspektur.

Sementara itu Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Timur Doddy Setiadi yang juga sebagai Ketua Dewan Pengurus AAIPI Provinsi Kalimantan Timur  menilai bahwa level kapabilitas APIP yang lebih tinggi merupakan  ukuran yang realistis dalam praktik-praktik pengawasan di Inspektorat. Ketua Dewan Pengurus AAIPI Provinsi Kalimantan Timur mengapresiasi beberapa Pemda yang memperoleh Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) pada tahun ini. Namun demikian Doddy Setiadi mengingatkan agar perolehan WTP jangan sampai membuat terlena, karena jika ada fraud yang terdeteksi oleh pemeriksa, bisa jadi karena warning system tidak berjalan atau fungsi pengawasan yang dilakukan oleh Inspektorat tidak mendeteksi adanya fraud, sehingga menyebabkan pemda tersebut tidak bisa mempertahankan WTP.

“Ini menjadi pemikiran bersama bahwa jika sudah bekerja pada level tertentu, apakah level yang sudah kita peroleh tersebut apakah sudah optimal secara harfiah”, tegas Doddy Setiadi.  Bukan rahasia umum bahwa ternyata disekitar kita masih ada persoalan-persolan terkait kerugian keuangan negara.  “Jangan sampai ada kesan dari masyarakat, sudah WTP kok masih banyak kasus”, sambung Doddy Setiadi.

Mengakhiri kata sambutannya Doddy Setiadi mengajak semua peserta melihat kenyataan yang ada agar masalah-masalah yang terjadi  di sekitar kita menjadi alat refleksi APIP, ternyata tertib pengelolaan keuangan negara ini belum sepenuhnya dilaksanakan oleh OPD (Organisasi Perangkat Daerah).

(Humas BPKP Kaltim)

 



Share      

Berita Terkait:

16 Agustus 2017 14:16:57 / diy1 / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Koperasi BPKP Pusat Studi Banding di KPN Karya Audita Perwakilan BPKP DIY
11 Agustus 2017 08:09:14 / diy1 / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Menuju Peran Efektif Inspektorat Kabupaten Bantul
08 Agustus 2017 13:08:30 / sumbar1 / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Kabupaten Dharmasraya Komit Percepat Maturitas SPIP
07 Agustus 2017 15:03:34 / puslitbang2 / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
PP 60/2008 dan Perka 08/2015 sebagai Koridor Pedoman Pengawasan KPBU
31 Juli 2017 16:51:21 / sakd1 / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Piloting dan Bimbingan Teknis Aplikasi Siskeudes Wilayah Kab Tegal


Loading the Player...
Video Lainnya