Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

Indeks AP3N Membuka Cakrawala Baru Pengawasan di Lingkungan Kemenristek-Dikti
17 Mei 2017 16:37:46 / puslitbang2 / dibaca: 6531 kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek

Jakarta - (15/5) Indeks AP3N Membuka cakrawala baru pengawasan intern di lingkungan Kemenristek-Dikti. Demikian kesimpulan yang diberikan oleh Prof Dr Jamal Wiwoho, Inspektur Jenderal Kemenristekdikti, setelah mendengarkan pemaparan dan melakukan pembahasan mengenai instrumen Indeks AP3N untuk program pendidikan yang berlangsung di ruang rapat Irjen Kemenristekdikti Jakarta (15/5).

Pemaparan dan diskusi tersebut selain diikuti oleh Inspektur Jenderal, diikuti pula oleh para Inspektur dan pejabat struktural di lingkungan Inspektorat Jenderal Kemenristekdikti. Sedangkan dari BPKP yang hadir adalah Direktur 3 pada Polhukam, Kapuslitbangwas, Kasubdit dan Kabid dari BPKP.

Secara spesifik pola integrasi, sinergi dan kontribusi dari berbagai institusi dalam program-program prioritas yang dikelola oleh Kemenristekdikti akan terlihat melalui pengimplementasian instrumen Indeks AP3N. APIP Kemenristekdikti diharapkan dapat berperanserta melalui sinkronisasi program-program yang ada di lingkungan Kemenristekdikti.

Selain memaparkan mengenai instrumen Indeks AP3N, Ike Cartika juga menjelaskan mengenai peran pengawasan intern APIP dalam pengelolaan program pembangunan nasional Bidang Pendidikan dan dalam penyelenggaraan tugas dan fungsi kementerian yang dibiayai oleh negara. Para peserta diskusi sangat antusias melakukan pembahasan lebih jauh pada sesi tanya-jawab.

Kapuslitbangwas BPKP, Sumitro, menutup sesi pemaparan dan tanya jawab serta menyatakan bahwa instrumen Indeks AP3N akan mampu meningkatkan akuntabilitas pengelolaan kegiatan-kegiatan di lingkungan Kemenristekdikti. Hasil pengukuran instrumen Indeks AP3N tersebut niscaya akan sejalan dengan harapan dan sudut pandang para stakeholders. 

Jamal Wiwoho sendiri berharap BPKP dapat melakukan pembinaan dalam pengimplementasian instrumen Indeks AP3N tersebut pada program-program prioritas yang dikelola oleh Kemenristekdikti dan bersinergi dengan para APIPnya untuk melakukan evaluasi pengawasan intern atas akuntabilitas pengelolaan program prioritas di lingkungan Kemenristekdikti.

Sebagai rencana tindak (action plan), Direktorat 3 pada Kedeputian Polhukam dan PMK akan berkolaborasi dengan Puslitbangwas dalam melakukan evaluasi pengawasan intern pada bidang pendidikan.

(Humas Puslitbangwas: Pakde/Ikeu/Octav/Jie)



Share      

Berita Terkait:

13 Nopember 2017 18:33:02 / suryo / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Kab. Magelang Siap Implementasikan Siskeudes
11 Nopember 2017 20:49:51 / jambi1 / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
BPKP Jambi Kawal SPM RSUD Nurdin Hamzah Tanjung Jabung Timur
10 Nopember 2017 21:30:16 / jambi1 / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Wujudkan Pengelolaan Keuangan Desa Secara Transparan dan Akuntabel
02 Nopember 2017 08:22:54 / jambi1 / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
RSUD Raden Mattaher Jambi Lakukan Koordinasi dengan BPKP Jambi
01 Nopember 2017 10:03:58 / jateng1 / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Desa Tidak Lagi sebagai Obyek Tapi Subyek Pembangunan


Loading the Player...
Video Lainnya