Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

Indeks AP3N Membuka Cakrawala Baru Pengawasan di Lingkungan Kemenristek-Dikti
17 Mei 2017 16:37:46 / puslitbang2 / dibaca: 4514 kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek

Jakarta - (15/5) Indeks AP3N Membuka cakrawala baru pengawasan intern di lingkungan Kemenristek-Dikti. Demikian kesimpulan yang diberikan oleh Prof Dr Jamal Wiwoho, Inspektur Jenderal Kemenristekdikti, setelah mendengarkan pemaparan dan melakukan pembahasan mengenai instrumen Indeks AP3N untuk program pendidikan yang berlangsung di ruang rapat Irjen Kemenristekdikti Jakarta (15/5).

Pemaparan dan diskusi tersebut selain diikuti oleh Inspektur Jenderal, diikuti pula oleh para Inspektur dan pejabat struktural di lingkungan Inspektorat Jenderal Kemenristekdikti. Sedangkan dari BPKP yang hadir adalah Direktur 3 pada Polhukam, Kapuslitbangwas, Kasubdit dan Kabid dari BPKP.

Secara spesifik pola integrasi, sinergi dan kontribusi dari berbagai institusi dalam program-program prioritas yang dikelola oleh Kemenristekdikti akan terlihat melalui pengimplementasian instrumen Indeks AP3N. APIP Kemenristekdikti diharapkan dapat berperanserta melalui sinkronisasi program-program yang ada di lingkungan Kemenristekdikti.

Selain memaparkan mengenai instrumen Indeks AP3N, Ike Cartika juga menjelaskan mengenai peran pengawasan intern APIP dalam pengelolaan program pembangunan nasional Bidang Pendidikan dan dalam penyelenggaraan tugas dan fungsi kementerian yang dibiayai oleh negara. Para peserta diskusi sangat antusias melakukan pembahasan lebih jauh pada sesi tanya-jawab.

Kapuslitbangwas BPKP, Sumitro, menutup sesi pemaparan dan tanya jawab serta menyatakan bahwa instrumen Indeks AP3N akan mampu meningkatkan akuntabilitas pengelolaan kegiatan-kegiatan di lingkungan Kemenristekdikti. Hasil pengukuran instrumen Indeks AP3N tersebut niscaya akan sejalan dengan harapan dan sudut pandang para stakeholders. 

Jamal Wiwoho sendiri berharap BPKP dapat melakukan pembinaan dalam pengimplementasian instrumen Indeks AP3N tersebut pada program-program prioritas yang dikelola oleh Kemenristekdikti dan bersinergi dengan para APIPnya untuk melakukan evaluasi pengawasan intern atas akuntabilitas pengelolaan program prioritas di lingkungan Kemenristekdikti.

Sebagai rencana tindak (action plan), Direktorat 3 pada Kedeputian Polhukam dan PMK akan berkolaborasi dengan Puslitbangwas dalam melakukan evaluasi pengawasan intern pada bidang pendidikan.

(Humas Puslitbangwas: Pakde/Ikeu/Octav/Jie)



Share      

Berita Terkait:

14 September 2017 16:15:03 / kalsel1 / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Balangan Siap Implementasi SISKEUDES 100%
14 September 2017 09:04:12 / sumbar1 / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
BPKP Sumbar Dukung Akuntabilitas Asosiasi Sekretaris DPRD Seluruh Indonesia (ASDEKSI)
11 September 2017 10:25:15 / riau1 / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
KPK bersama BPKP Riau Gelar Sarasehan dan Workshop Percepatan Implementasi Aplikasi Siskeudes
11 September 2017 10:04:52 / kaltim1 / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Kepala BPKP Kaltim Beri Pengarahan Kepada 190 Aparatur Kampong se-Kutai Barat
04 September 2017 11:30:48 / diy1 / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Pembekalan Dasar-Dasar Audit Pegawai Baru Inspektorat Purworejo


Loading the Player...
Video Lainnya