Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

Puskesmas se-Kabupaten Cilacap Siap Terapkan PPK BLUD
17 Mei 2017 16:27:09 / diy1 / dibaca: 1706 kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek

Senin, (08/05) Perwakilan BPKP DIY menerima tamu sebanyak 16 orang dari Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap beserta perwakilan lima Puskesmas di wilayah Kabupaten Cilacap. Ke lima puskesmas tersebut yaitu Puskesmas Kawunganten, Puskesmas Kesugihan II, Puskesmas Jeruklegi I, Puskesmas Dayeuhluhur I dan Puskesmas Majenang I.

Rombongan yang dipimpin Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap, Slamet Budiarto diterima langsung oleh Koordinator Pengawasan Bidang Akuntan Negara, Aryanto Wibowo. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua hari yaitu tanggal 8 dan 9 Mei 2017 di Ruang Workshop Perwakilan BPKP DIY.

Maksud kedatangan rombongan tersebut dalam rangka pembahasan dokumen Tata Kelola BLUD Puskesmas Rawat Jalan dan Rawat Inap untuk mempersiapkan implementasi Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah (PPK BLUD) bagi 38 Puskesmas se-Kabupaten Cilacap.

Dalam sambutannya, Aryanto Wibowo, menyampaikan bahwa output pendampingan adalah model dokumen Tata Kelola BLUD Puskesmas Rawat Jalan dan rawat Inap yang nantinya digunakan sebagai pedoman penyusunan dokumen Tata Kelola BLUD oleh Puskesmas se-Kabupaten Cilacap. Sehingga peserta diharapkan aktif memberikan masukan atas template yang dibahas.

Di hari pertama membahas mengenai Pedoman Tata Kelola BLUD yang disampaikan secara berurutan oleh Kepala Puskesmas Dayeuhluhur I, Kartijah, Kepala Puskesmas Kesugihan II, Hudaefah dan Kepala Puskesmas Kawunganten, Edy Sucipto.

Pada esok harinya Aryanto Wibowo, Dian Rumastuti dan Ana Suprihatiningsih memberikan sosialisasi penyusunan dokumen Rencana Strategis Bisnis (RSB) dan Rencana Bisnis Anggaran (RBA). Dokumen Tata Kelola BLUD, RSB dan RBA merupakan syarat kelengkapan dalam implementasi PPK BLUD.

Kegiatan tersebut mempunyai tujuan agar format dalam penyusunan dokumen untuk syarat kelengkapan PPK BLUD mempunyai kesepemahaman dan keseragaman. Perwakilan BPKP DIY akan selalu siap memberikan pendampingan dalam rangka implementasi PPK BLUD di Kabupaten Cilacap.

(Humas BPKP DIY/Ans/Edit &ie)



Share      

Berita Terkait:

17 Mei 2017 16:37:46 / puslitbang2 / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Indeks AP3N Membuka Cakrawala Baru Pengawasan di Lingkungan Kemenristek-Dikti
08 Mei 2017 08:50:13 / puslitbang2 / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Indeks AP3N Segera Diimplementasikan
04 Mei 2017 16:56:44 / sumbar1 / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Mewujudkan Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Desa Di Kab Solok
03 Mei 2017 18:32:06 / riau1 / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Kaper BPKP Riau Ajak Tingkatkan Komitmen Menjaga Keuangan Desa
17 April 2017 08:36:17 / kalbar1 / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Penguatan Tata Kelola Keuangan Daerah Kab. Kapuas Hulu