Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

Tingkatkan Kapabilitas Auditor, BPKP Provinsi Maluku Utara Gelar Diklat
16 Mei 2017 22:38:07 / malut1 / dibaca: 6677 kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor

Ternate - (8/5) Dalam rangka meningkatkan mutu profesionalisme dalam organisasi, State Accountability Revitalization (STAR) serta Pusat Pendidikan dan Pengawasan (Pusdiklatwas) Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) bekerjasama dengan Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara menyelenggarakan acara Diklat Pembentukan Auditor Ahli Bagi Inspektorat Se Provinsi Maluku Utara. 

Selama sembilan belas hari ke depan (8-31/5/2017) diklat tersebut rencananya diikuti 31 peserta dari Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, dan Sulawesi Tenggara. Diklat yang diadakan di Hotel Emerald, Kota Ternate dibuka langsung oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara Indra Khaira Jaya dan turut hadir Inspektur Halmahera Barat.

Dalam arahannya, Indra menyampaikan Kondisi Aparat Pengawasan Intern pemerintah (APIP) di Maluku Utara. Dari catatan yang ada, jumlah auditor di Provinsi Maluku Utara masih rendah. Jumlah auditor bersertifikat hanya 115 orang atau hanya 35,50% dari total APIP se-provinsi. Selain itu, tingkat kapabilitas APIP yang berada pada level 1 masih terdapat 5 Inspektorat . "Untuk menindaklanjuti rendahnya jumlah auditor yang bersertifikat tersebut, diklat dan inpassing auditor di wilayah Provinsi Maluku Utara ini diadakan," kata Indra. 

Tidak hanya itu, tujuan diselenggarkannya diklat ini menurut Indra juga untuk meningkatkan pengetahuan, keahlian/keterampilan dan sikap profesional. Tentunya dengan dilandasi kepribadian dan etika agar dapat melaksanakan tugas-tugas pengawasan secara profesional, efisien, dan efektif serta sesuai dengan peraturan perundang-undangan. "Menjadi sebuah keharusan bagi seorang auditor untuk memiliki kompetensi yang memadai dan sikap mental untuk memegang teguh independensi dalam pelaksanaan tugas sehari-hari,"  pesan Indra.

Terakhir, Indra berharap agar para peserta diklat dapat mengikuti pembelajaran selama diklat, utamanya menjadi pribadi yang lebih baik, sehingga dapat menjalankan tugas audit dengan penuh tanggung jawab di instansi masing-masing.

(Humas BPKP Maluku Utara/DP)



Share      

Berita Terkait:

12 Januari 2018 14:36:57 / gilang / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
BPKP Muda: Creating Challenging Workplace and Shaping The Future
29 Nopember 2017 10:50:13 / riau1 / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
BPKP Riau Selenggarakan Diklat Substansi bagi Personil Kepolisian Daerah Riau
29 Nopember 2017 10:32:03 / riau1 / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
BPKP Dorong Wujudkan Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Desa
22 Nopember 2017 08:18:53 / riau1 / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
BPKP Riau Gelar Diklat Pengelolaan Keuangan Desa
21 Nopember 2017 15:37:49 / sumsel1 / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
BPKP Sumsel Wujudkan APIP yang Berkualitas