Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

Menuju Level 3 Kapabilitas APIP dan Maturitas SPIP
09 Mei 2017 08:01:17 / sumbar1 / dibaca: 3991 kali / Kat: Kapabilitas APIP

Padang, Rabu (3/5/17) Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat telah menyelenggarakan Forum APIP dalam rangka membahas strategi peningkatan Level 3 Kapabilitas APIP dan Maturitas SPIP bertempat di ruang aula. Forum  dihadiri oleh seluruh Inspektorat se Sumatera Barat serta menyatukan visi, terutama antara Perwakilan BPKP dengan Satgas Peningkatan APIP dan SPIP.

Image and video hosting by TinyPicForum tersebut merupakan tindak lanjut pembahasan dari rapat koordinasi pengawasan tentang Telaah Sejawat antar Inspektorat Kabupaten/Kota se Sumatera Barat pada tanggal 29 Maret 2017 di Kota Padang.

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat Danny Amanda memberi semangat kepada Inspektorat untuk bersama-sama mencapai level 3 Kapabilitas APIP dan maturitas SPIP. Saat ini kondisi kapabilitas APIP  yakni 2 kabupaten dan 1 kota berada di level 1; 1 provinsi, 9 kabupaten dan 4 kota berada di level 2 dengan catatan, dan level 2 terdapat 1 kabupaten dan 2 kota.

Sedangkan untuk pengukuran tingkat maturitas SPIP pada 20 Pemerintah Daerah, yaitu pada range nilai maturitas SPIP 1 sampai 2 terdapat 8 Kabupaten dan 3 Kota, range nilai maturitas SPIP 2 hingga 3 terdapat 1 Provinsi, 3 Kabupaten dan 4 Kota dan Kabupaten Tanah Datar memiliki nilai maturitas tertinggi se Sumatera Barat yakni 3,24.

Danny menghimbau tentang perlunya memformalkan dan mengadministrasikan serta mengelola apa yang telah Inspektorat lakukan. Dari standar kapabilitas APIP dan maturitas SPIP, Inspektorat dapat mengidentikasikan mengenai hal-hal yang masih perlu dilaksanakan. Untuk daerah yang masih berada pada level 1, tidak mustahil mengejar level 3 dengan adanya komitmen bersama.

Acara selanjutnya yakni pembahasan mengenai overview telaah sejawat yang dijelaskan oleh Epi Marsal, Pengendali Teknis, praktik kertas kerja yang dijelaskan oleh Rosa Rodani, Auditor Muda dan pembuatan laporan telaah sejawat oleh Jusmaini, Pengendali Teknis.

Di waktu yang bersamaan, dilaksanakan pula diskusi yang melibatkan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat dan Novizar, Koordinator Pengawasan P3A serta Inspektur se Sumatera Barat. Dalam sharing session tersebut para peserta aktif membahas mengenai permasalahan yang ada di masing-masing Inspektorat serta strategi kedepan dalam mencapai kapabilitas APIP level 3.

Di akhir acara, Danny Amanda berpesan kepada Inspektur bahwa sebagai pemimpin berkewajiban untuk membina SDM, sehingga dapat berkinerja sesuai dengan kapasitas yang dimiliki masing-masing. Dengan adanya forum ini diharapkan semakin kuatnya sinergi pengawasan untuk percepatan pembangunan yang akuntabel.

(Humas BPKP Sumbar (dw/app)

 

 



Share      

Berita Terkait:

11 Desember 2017 09:17:03 / gilang / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
Berbagi Pengetahuan Seputar Kapabilitas APIP Level 3 dengan Pemerintah Brasil
06 Desember 2017 12:23:17 / gilang / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
Seminar Internasional bagi APIP, Hasil Kerja Sama BPKP dan STAR-BPKP
04 Desember 2017 18:59:37 / adminkita / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
Menteri Yasonna: Auditor Internal Alat Mendorong Tercapainya Tujuan Organisasi
27 Nopember 2017 10:25:36 / jambi1 / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
Penerapan SIMDA Perencanaan, Kapabilitas APIP, dan SPIP Provinsi Jambi
24 Nopember 2017 15:57:36 / jambi1 / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
BPKP Jambi Gandeng KPK Tingkatan Kapabilitas APIP