Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

Kedudukan APIP Strategis, Perlu SDM Mumpuni
17 April 2017 08:59:55 / sulsel1 / dibaca: 2208 kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor

Makasar - ( 10/4) Angka kredit dalam Jabatan Fungsional Auditor (JFA)  dinilai berdasarkan norma hasil, sesuai dengan jenjang jabatan atau peran Pejabat Fungsional Auditor yang bersangkutan dalam penugasan. Angka kredit dapat diakui bila Pejabat Fungsional Auditor  yang bersangkutan telah selesai melaksanakan penugasan, dan dengan menunjukkan bukti  dokumen penugasan /norma hasil, serta ketepatan waktu pengajuannya. Untuk menjawab permasalahan Angka Kredit dalam jabatan JFA, kantor Pengelola Diklat BPKP Provinsi  Sulawesi Selatan  bekerja sama dengan Pusdiklatwas telah menyelenggarakan Diklat  Penilaian Angka Kredit  tanggal 10 s.d. 13 April 2017 bertempat di Makassar.

Dalam sambutan pembukaan diklat Kepala Perwakilan menyampaikan bahwa Diklat Penilaian Angka  Kredit  sudah menjadi kewajiban kita bersama (APIP) untuk memberikan persepsi yang sama dalam penilaian angka kredit  bagi Pejabat  Fungsional Auditor. APIP memiliki kedudukan yang sangat strategis dalam pengawasan di Indonesia, karena di tengarai kejadian yang menimpa pimpinan suatu instansi (SKPD), ada peran APIP disana. APIP belum bisa memberikan  semacam (aerly warning) peringatan dini, dalam bentuk rekomendasi yang bersifat solutif.

Berbicara APIP, mencakup BPKP, Itjen, Inspektorat Provinsi,  Kabupaten /kota, dan Satuan Pengawas Daerah lainnya sangat strategis, sehingga diharapkan Jabatan Fungfional  Auditor bisa menjembatani dalam meningkatkan kapasitas dan terobosannya dalam melaksanakan trugas-tugas pengawasan. Tugas pengawasan sekarang ini tidak seperti dahulu (watchdog) menjaga/mencari kesalahan, sekarang ini tugas BPKP sudah bergeser menjadi konsultan, (advise) nasehat, rekomendasi yang sifatnya solutif bagi pimpinan. Dengan demikian  diperlukan sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni.

Kepala Perwakilan menambahkan, bahwa BPKP dahulu  kebanyakan akuntan, tapi sekarang multi disiplin ilmu diperlukan dalam rangka melakukan pengawasan, karena pengawasan bukan hanya keuangan saja, tapi juga pembangunan dan instrastruktur lainnya. Manajemen risiko juga perlu diutamakan dalam suatu pengawasan.  Sebelum melakukan audit,  seorang auditor  harus bisa memetakan risiko-risiko mana yang akan dilakukan dalam suatu pemeriksaan, yang kemungkinan bisa menghambat pencapaian visi dan misi suatu organisasi. Risiko adalah segala sesuatu yang menghambat dan menghalang-halangi pencapain tujuan suatu organisasi tersebut, sehingga perlu dikawal dan jaga.

Tujuan diselenggarakannya diklat ini untuk menyamakan persepsi dalam penilaian PAK pada masing-masing Inspektorat di Daerah. Dalam arahannya Kepala Perwakilan menghimbau, agar  didiskusikan  permasalahan yang terjadi di masing-masing unit dengan para instruktur, sehingga penilaian DUPAK yang disampaikan auditor dua kali  dalam satu tahun (periode Januari - Juni dan Juli-Desember) tidak ribet, dan bisa memberikan solusi dengan tidak mengurangi hak-hak para auditor.

Kepala Perwakilan mengharapkan juga melalui Diklat ini Tim Penilai Angka Kredit pada masing-masing Inspektorat Provinsi, Kabupaten dan Kota mempunyai pemahaman dan kesamaan persepsi dalam menilai DUPAK. Kepala Perwakilan juga berharap, melalui diklat ini dapat memberikan  penilaian yang obyektif  kepada  PFA sehingga tujuan diklat  Penilaian Angka Kredit  bagi  APIP  Inspektorat  bisa  tercapai  dengan  baik.

(Humas bpkp sulsel /tony/end)



Share      

Berita Terkait:

31 Mei 2017 09:10:11 / papuabarat1 / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
BPKP Kawal Pengelolaan Keuangan Desa Kabupaten Kaimana
31 Mei 2017 07:55:38 / diy1 / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
BPKP DI Yogyakarta Tingkatkan Kemandirian Pemda
24 Mei 2017 07:53:19 / jateng1 / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Kinerja Unggul Melalui Peningkatan Profesionalisme, Integritas dan Inovasi
24 Mei 2017 07:39:01 / diy1 / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Mencetak Auditor Berkualitas
16 Mei 2017 22:38:07 / malut1 / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Tingkatkan Kapabilitas Auditor, BPKP Provinsi Maluku Utara Gelar Diklat


Loading the Player...
Video Lainnya