Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

BPKP Pabar Sosialisasikan Program Anti Korupsi pada STIH Manokwari
19 Maret 2017 20:45:58 / papuabarat1 / dibaca: 3185 kali / Kat: Pemberantasan Korupsi

Manokwari (14/3) – Perwakilan BPKP Provinsi Papua Barat melakukan Sosialisasi Program Anti Korupsi (SosPak) pada Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) Manokwari, Provinsi Papua Barat.  Sospak tersebut merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilakukan oleh BPKP  sebagai instansi terdepan dalam upaya pencegahan korupsi.SosPak ini dilaksanakan secara interaktif antara narasumber dan peserta sosialisasi.

Acara sosialisasi diikuti 200 mahasiswa segala jurusan/bidang pada Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) Manokwari. Selain para mahasiswa, turut hadir pula Ketua Yayasan STIH Manokwari, Filep Wamafma serta Narasumber dari Perwakilan BPKP Provinsi Papua Barat, yakni Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Papua Barat, Adi Gemawan dan Koordinator Pengawasan Bidang Investigasi, Evenri Sihombing beserta Tim BPKP.

Dalam sambutan pembukaannya, Filep Wamafma, menyatakan bahwa pemahaman korupsi sejak dini adalah keharusan, melalui acara Sospak tersebut memberikan kesempatan kepada Mahasiswa Hukum STIH Manokwari untuk lebih memahami korupsi dengan lebih baik. Oleh karena itu Filep berharap agar seluruh peserta mengikuti acara Sospak dengan seksama.

Menurut Filep, kegiatan seperti ini sangat baik karena menambah pengetahuan dan wawasan. Korupsi sangat merugikan seluruh elemen masyarakat, sehingga harus dipahami sebelum melakukan pencegahan. Filep menegaskan,  “Tidak ada yang dapat merubah kondisi kita selain kita dan kalian mahasiswa harus hidup jujur dan jangan serakah, mari kegiatan positif seperti ini diikuti sebaik mungkin,” harapnya.

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Papua Barat, Adi Gemawan dalam acara tersebut mengharapkan dengan dilaksanakannya kegiatan Sospak dapat menggugah mahasiswa STIH Manokwari, agar antusias dalam memahami bahaya dari korupsi.

Adi menambahkan, ilmu hukum yang menjadi latar belakang para peserta sangat sejalan dengan pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Diharapkan setelah lulus nanti, para peserta dapat membangun daerahnya masing-masing dengan mengawasi pengelolaan keuangan daerahnya guna pembangunan yang berkelanjutan.

Menurut Adi korupsi terjadi karena tidak akuntabel, agar akuntabel, maka harus taat dalam pengelolaan dan penatausahaan keuangan. “Korupsi itu merusak, tidak menyejahterakan masyarakat bahkan menghambat dunia pendidikan, oleh karenanya sudah menjadi tugas kita bersama memberantas korupsi untuk membangun Papua Barat,” imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama, Evenri Sihombing dalam paparannya menjelaskan pentingnya sosialisasi tersebut berkaitan langsung dengan peran mahasiswa dalam mencegah korupsi sejak dini. Evenri mengemukakan, bila pencegahan korupsi tidak dilakukan secara dini, maka akan memberikan dampak yang luar biasa. Oleh karenanya menurut Evenri perlu mengenal korupsi agar dapat mencegahnya.

Ditambahkannya, pencegahan korupsi sejak dini harus dimulai dari kehidupan mahasiswa sehari-hari, mulai dari hal-hal yang kecil seperti tidak menerima suap, menghindari gratifikasi dan jujur dalam mengerjakan tugas-tugasnya di kampus. Selain itu, korupsi terjadi selain dari pribadi pelaku, juga lahir karena beberapa faktor antara lain karena adanya kesempatan, kekuasaan, lemahnya pengawasan, kurangnya penegakan hukum, pengaruh lingkungan sampai dengan kurangnya sosialisasi dan penyuluhan kepada masyarakat.

Evenri berkesimpulan bahwa dampak korupsi sangalah besar salah satunya merusak tatanan masyarakat dan menghambat proses pembangunan bangsa, sehingga butuh sinergisitas dalam pemberantasan korupsi sejak dini.

Acara ini ditutup oleh Evenri Sihmbing dengan himbauan dan harapan agar seluruh peserta mampu menerapkan cara hidup yang jujur, dimulai dari kampus sehingga nantinya dapat diterapkan dalam dunia kerja kelak.

(Humas BPKP Pabar/end)



Share      

Berita Terkait:

02 Juni 2017 07:14:13 / jateng1 / dibaca: kali / Kat: Pemberantasan Korupsi
Perlu Sinergi dan Koordinasi dalam Penanganan Korupsi
31 Mei 2017 07:59:45 / kalsel1 / dibaca: kali / Kat: Pemberantasan Korupsi
Jangan Pernah Menyerah dalam Memberantas Korupsi
17 Mei 2017 16:21:41 / sulsel1 / dibaca: kali / Kat: Pemberantasan Korupsi
Perlu Komitmen Pimpinan Daerah dalam Pemberantasan Korupsi
25 Maret 2017 19:56:02 / dony_pe / dibaca: kali / Kat: Pemberantasan Korupsi
BPKP Sambut Era Investigasi Digital
02 Desember 2016 18:38:40 / dony_pe / dibaca: kali / Kat: Pemberantasan Korupsi
Presiden Jokowi: Pengawasan Harus Terus-Menerus


Loading the Player...
Video Lainnya