Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

Kemenristekdikti Gandeng BPKP dalam Evaluasi Implementasi SPIP
08 Maret 2017 09:44:55 / puslitbang2 / dibaca: 943 kali / Kat: MOU, Kerjasama

Jakarta – Jumat (3/3) Inspektorat Jenderal Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi mengundang Puslitbangwas BPKP dalam kegiatan rapat persiapan penyusunan Pedoman Pemantauan dan Evaluasi Pelaksanaan SPIP di Lingkungan Kemenristekdikti. Rapat dilaksanakan di Lantai 17 Gedung Kemenristekdikti dan dihadiri oleh Inspektur III, Yohanes Indrayono beserta para auditor di lingkungan Itjen Kemenristekdikti, Tim Puslitbangwas BPKP yang dipimpin oleh Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Pengawasan BPKP, Sumitro, serta tim dari Kedeputian Polhukam PMK.

Inspektur III Itjen Kemenristekdikti Yohanes mengemukakan, Itjen Kemenristekdikti akan melakukan kegiatan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan SPIP di lingkungan Kemenristekdikti, oleh karena itu diperlukan pedoman dalam melakukan kegiatan tersebut. Dalam rangka penyusunan pedoman, maka Itjen Kemenristekdiksi menggandeng BPKP dalam hal ini Puslitbangwas BPKP, untuk melakukan kerjasama penyusunan pedoman. “Inspektorat III Itjen Kemenristekdikti yang akan mengkoordinasikan pemantauan dan evaluasi SPIP di lingkungan Kemenristekdikti dengan tujuan untuk memetakan kondisi SPIP pada saat ini, dan pelaksanaannya mulai dari penyusunan pedoman” lanjutnya.

Semenetara itu Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Pengawasan BPKP Sumitro menjelaskan dalam penyusunan pedoman Pemantauan dan Evaluasi Pelaksanaan SPIP di Lingkungan Kemenristekdikti tersebut, tidak akan lepas dari Perka BPKP Nomor 4 Tahun 2016 tentang Pedoman Penilaian dan Strategi Peningkatan Maturitas SPIP yang sudah jelas mengatur apa saja yang akan dikerjakan.

Sumitro juga menyatakan bahwa tugas BPKP saat ini dibagi ke dalam empat fokus pengawasan, yaitu membantu pengawalan pembangunan nasional terutama proyek strategis nasional, peningkatan ruang fiskal, pengamanan aset negara, dan perbaikan governance system. Dan yang akan dilakukan pada saat ini adalah dalam rangka fokus yang keempat, yaitu perbaikan governance system yang didalamnya adalah melakukan perbaikan penyelenggaraan SPIP dan peningkatan kapabilitas APIP. Sumitro menegaskan, “Untuk mempercepat pelaksanaan penerapannya diperlukan rencana aksi dan komitmen dari semua pihak” pungkasnya.

(Humas Puslitbangwas: Pakde/Ikeu/y@d/end)

 



Share      

Berita Terkait:

22 Maret 2017 17:04:40 / sulbar1 / dibaca: kali / Kat: MOU, Kerjasama
Kabupaten Majene: Tingkatkan Akuntabilitas, Pertahankan Opini WTP
19 Maret 2017 21:59:51 / kalbar1 / dibaca: kali / Kat: MOU, Kerjasama
BPKP Kalbar- Pemkab Bengkayang Lakukan Koordinasi Bidang Pengawasan
19 Maret 2017 21:30:31 / kalbar1 / dibaca: kali / Kat: MOU, Kerjasama
Sinergi Bersama Membangun Kab. Sanggau
14 Maret 2017 08:18:59 / kalbar1 / dibaca: kali / Kat: MOU, Kerjasama
Sinergi Tingkatkan Kualitas Laporan Keuangan
13 Maret 2017 08:33:04 / kalbar1 / dibaca: kali / Kat: MOU, Kerjasama
BPKP Kalbar - BPK Kalbar, Sinergi Peningkatan Tata Kelola Keuangan