Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

Kepala BPKP dan Gubernur NTB Resmikan Gedung Baru Perwakilan BPKP NTB
16 Pebruari 2017 15:58:13 / adminkita / dibaca: 3305 kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial

Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Ardan Adiperdana dan Gubernur Provinsi NTB, TGH. M. Zainul Majdi meresmikan gedung baru kantor Perwakilan BPKP Provinsi Nusa Tenggara Barat, Senin (13/2) lalu. Ardan Adiperdana yang hadir didampingi Sekretaris Utama BPKP Meidyah Indreswari, Deputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah Dadang Kurnia, serta  Kepala Perwakilan BPKP Provinsi NTB, Bonardo Hutauruk, berharap dengan selesainya pembangunan gedung baru tersebut, Perwakilan BPKP NTB dapat memberikan pelayanan yang lebih optimal kepada para stakeholder dan mitra kerja dalam pengawalan akuntabilitas pemerintah daerah.

Peresmian gedung baru kantor Perwakilan BPKP Provinsi Nusa Tenggara Barat, juga dihadiri oleh seluruh anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah NTB, Bupati dan Walikota Se-Provinsi NTB, Sekretaris Daerah se-Provinsi NTB, Inspektur se-Provinsi NTB dan para kepala Satuan Kerja Instansi Vertikal Kementrian/Lembaga di wilayah Provinsi NTB dan BUMN/BUMD di NTB.

Kepala BPKP pada kesempatan itu juga menjelaskan terkait dengan amanah BPKP yang diemban dalam Perpres Nomor 192 Tahun 2014  dan Inpres Nomor 9 Tahun 2014, BPKP telah, sedang dan akan terus melakukan langkah-langkah nyata dalam mengawal pembangunan nasional untuk peningkatan dan pemerataan kesejahteraan rakyat. “Dalam melakukan pengawasan kami berfokus pada empat strategi pengawasan, yaitu pengawalan pembangunan nasional, peningkatan ruang fiskal, pengamanan aset negara/daerah, serta perbaikan Governance system tercakup didalamnya pengawalan dana desa dan pengelolaan APBDes,” jelas Ardan.

Terkait dengan percepatan proyek strategis nasional, dijelaskan pula sesuai Inpres 1 Tahun 2016, BPKP diinstruksikan untuk meningkatkan pengawasan atas tata kelola proyek strategis nasional, melakukan audit investigasi/audit tujuan tertentu, memberikan pendampingan dalam proses pengadaan barang dan jasa, evaluasi atas program lintas sektoral pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), reviu/evaluasi kinerja BUMD/BLUD RSUD.

Ardan Adiperdana pada kesempatan itu juga memberikan apresiasi kepada pemerintah daerah NTB atas akuntabilitas pengelolaan keuangan yang hampir seluruh (10 dari 11 pemerintah daerah) sudah berhasil memperoleh opini predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK.

Kepala BPKP juga sangat menghargai kerjasama BPD-NTB dan seluruh pemda se-wilayah NTB yang telah mengintegrasikan Aplikasi Keuangan SIMDA BPKP dengan sistem Cashflow kas daerah yang ada di BPD-NTB, sehingga arus kas setiap pengeluaran SP2D dapat langsung termonitor secara realtime oleh pihak yang membutuhkan.

Mengakhiri sambutannya, Ardan berharap, "melalui koordinasi, sinergi dan kerjasama yang baik antara Perwakilan BPKP NTB dan mitra serta didukung dengan tempat kerja yang memadai dan representatif, diharapkan akan diperoleh hasil kinerja yang lebih baik," harapnya.

Sementara itu, Gubernur NTB TGH. M. Zainul Majdi dalam sambutannya juga sangat mengapresiasi kinerja Perwakilan BPKP NTB sebagai pengawal akuntabilitas seluruh pemerintah daerah di wilayah NTB.

Acara peresmian Kantor Perwakilan BPKP Provinsi NTB ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Kepala BPKP dan Gubernur NTB yang kemudian dilanjutkan dengan acara diskusi panel bertajuk “Percepatan Implementasi SPIP, SISKEUDES, dan Peningkatan Kapabilitas APIP” di aula Kantor Perwakilan BPKP Provinsi NTB. 

 

(Humas BPKP NTB-BPKP Pusat/end)



Share      

Berita Terkait:

28 April 2017 10:54:31 / nurjana / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Musrenbangnas 2017, Jokowi Harapkan Sistem Nasional Terintegrasi
17 April 2017 10:43:25 / riau1 / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Gubernur Akui Bantuan BPKP Riau Dorong Akuntabilitas Pemda
13 April 2017 21:30:17 / nurjana / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Pekan Olahraga dan Seni, Ajang Me-Recharge Semangat Integritas
12 April 2017 14:37:21 / sulut1 / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Gubernur Kukuhkan Kwinhatmaka sebagai Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Utara
27 Maret 2017 07:27:34 / nuri.sujarwati / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
BPKP menerima Public Relations Indonesia Awards (PRIA) Tahun 2017