Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

BPKP Sulsel Tingkatkan Wawasan Auditor dalam Audit Investigasi
14 Pebruari 2017 12:11:22 / sulsel1 / dibaca: 2949 kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor

Auditor harus memiliki kompetensi yang handal dalam melaksanakan audit, terlebih lagi terhadap audit investigatif, maka seorang auditor dituntut untuk memiliki independensi, integritas serta berwawasan luas di bidang keinvestigasian. 

Dalam rangka meningkatkan wawasan auditor di bidang audit investigasi, Kementerian Dalam Negeri  Regional Makassar  telah menyelenggarakan Pendidikan dan Latihan  Audit Investigasi bagi APIP Inspekorat di Wilayah Provinsi/Kabupaten/Kota, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Maluku Utara dan Gorontalo, 13 s.d. 17 Febuari 2017 yang bertempat di Pusdiklat Kepmendagri Regional Makassar. Dalam kegiatan Diklat Audit Investigasi tersebut, Bidang Investigasi Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan bertindak sebagai nara sumber.

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan Didik Krisdiyanto dalam sambutannya menyampaikan bahwa peran Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) adalah memberikan early warning (peringatan dini) kepada penyelenggara pemerintahan tentang apa yang sedang dan akan terjadi, sehingga dapat segera diatasi.

Dijelaskan pula bahwa berdasarkan data pada KPK menunjukkan sampai dengan  Agustus tahun 2016 terdapat 18 Gubernur dan 343 Bupati/Wali Kota di Indonesia yang terjerat  dengan kasus korupsi, salah satu penyebabnya adalah pengawasan yang dilakukan oleh APIP masih kurang maksimal, dimana auditor intern belum dapat melakukan deteksi dini terhadap kecurangan yang akan maupun yang telah terjadi.

Didik menyampaikan, “Dengan diselenggarakan diklat ini diharapkan auditor memiliki wawasan yang lebih  untuk menggali penyebab terjadinya penyimpangan, agar segera  dapat ditindak lanjuti,” harapnya. Menurut Didik, masih terdapat kendala yang dihadapi dalam melakukan pengawasan bagi auditor intern pemerintah, yaitu anggaran dan jumlah Auditor yang ada masih kurang, disamping itu tingkat independensinya juga masih perlu ditingkatkan.

Mengakhiri sambutannya Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan berharap, agar peserta diklat selangkah lebih maju dari penyelenggara pemerintahan dan dapat memberikan rekomendasi/solusi guna mewujudkan pemerintahan yang lebih baik dan terbebas dari korupsi.   

Pada kesempatan yang sama Kapusdiklat Kemendagri Regional Makassar, Sukriadi Sawai memberikan apresiasi kepada Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan, yang telah memberikan arahan kepada peserta Diklat Audit Investigasi yang diselenggarakannya dan berharap agar diklat-diklat selanjutnya Kepala Perwakilan BPKP Sulsel masih tetap membantu kesediaan instrukturnya.

(Humas BPKP Sul Sel /Tony/end)

 



Share      

Berita Terkait:

28 April 2017 10:40:40 / sulsel1 / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
BPKP Sul Sel bersama Pemda Siap Kawal Dana Desa
27 April 2017 09:40:49 / malut1 / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
BPKP Malut Kawal Pengelolaan Keuangan Desa Prov. Malut
26 April 2017 08:42:30 / sumbar1 / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Peningkatan Kompetensi APIP dalam Mengawal Pelaksanaan PBJ
25 April 2017 07:52:17 / diy1 / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Cetak Auditor Unggul Melalui Diklat Pembetukan Auditor Pertama
17 April 2017 08:59:55 / sulsel1 / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Kedudukan APIP Strategis, Perlu SDM Mumpuni