Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

BPKP Dukung Pelaksanaan ASIAN GAMES XVIII
11 Januari 2017 08:26:35 / suryo / dibaca: 2832 kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek

Jakarta - (9/1) Untuk mewujudkan akuntabilitas pelaksanaan ASIAN GAMES XVIII, telah diselenggarakan rapat pembahasan mengenai perkembangan proyek-proyek ASIAN GAMES XVIII antara PT Jakarta Propertindo dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), yang dipimpin langsung oleh Kepala BPKP Ardan Adiperdana. Rapat diselenggarakan di lt 3 Gedung Pusat BPKP Jl Pramuka 33 Jakarta Timur.

Rapat dihadiri oleh Direktur Utama PT Jakarta Propertindo Satya Heragandhi beserta Tim. Sedang Kepala BPKP hadir didampingi Deputi Kepala Bidang Pengawasan Instansi Pemerintah Bidang Perekonomian dan Kemaritiman Nurdin, Deputi Kepala Bidang Pengawasan Instansi Pemerintah Bidang Polhukam PMK Binsar H. Simanjuntak, Deputi Kepala Bidang Akuntan Negara Gatot Darmasto, Kepala Perwakilan DKI Jakarta Bonny Anang Dwijanto beserta tim, serta para direktur di lingkungan BPKP.

Kepala BPKP dalam sambutan pembukaannya mengemukakan, “dalam pelaksanaan ASIAN GAMES XVIII, selain harus sukses dalam penyelenggaraan dan prestasi juga harus sukses dalam akuntabilitas,” jelas Ardan. Pernyataan Kepala BPKP tersebut merupakan wujud dukungan BPKP dalam menyukseskan pelaksanaan ASIAN GAMES XVIII.

Sementara itu, Direktur Utama PT Jakarta Propertindo menyampaikan bahwa PT Jakarta Propertindo memerlukan BPKP dalam rangka Check and Balances Process. Lebih lanjut dalam paparannya menjelaskan terkait penugasan pembangunan proyek yang diberikan kepada PT Jakarta Propertindo untuk penyelenggaran ASIAN GAMES XVII 2018. Proyek-proyek tersebut meliputi pembangunan Light Rail Transit (LRT) Jakarta, Jakarta International Velodrome, dan Jakarta International Equestrian Park. “Total kebutuhan pendanaan atas proyek-proyek tersebut diperkirakan mencapai Rp7,9 Triliun,” jelas Satya Heragandhi.

Satya Heragandhi  menambahkan, untuk proyek pembangunan LRT Jakarta yang menelan biaya sebesar Rp7.446 miliar, telah selesai dilakukan tender atas pekerjaan utama dan telah mulai dilaksanakan pengerjaannya sejak 20 Desember 2016 lalu. Proyek tersebut ditargetkan akan selesai pada 31 Agustus 2017. Terkait perkembangan proyek Jakarta International Velodrome saat ini telah selesai dilakukan pekerjaan pondasi pancang dan sedang berlangsung pekerjaan struktur atas (lantai dan kolom).

Pada kesempatan itu, Kepala BPKP Ardan Adiperdana mempertanyakan mengenai target utama dari pelaksanaan ketiga penugasan yang dilakukan oleh PT Jakarta Propertindo dan bagaimana kesiapan PT Jakarta Propertindo untuk menjalani “test event” yang akan dilaksanakan pada akhir tahun 2017 dan awal 2018.

Menanggapi pertanyaan tersebut, Tim dari PT Jakarta Propertindo memberikan penjelasan bahwa yang menjadi target utama dari ketiga penugasan yang dilakukan adalah menyukseskan pelaksanaan ASIAN GAMES XVIII tahun 2018. Selanjutnya dijelaskan bahwa berdasarkan time schedule yang telah ditetapkan, pelaksanaan test event  dipastikan dapat dilangsungkan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan baik secara lokal maupun international.

Di akhir pertemuan  Satya Heragandhi mengemukakan, “Proyek Penyelenggaraan ASIAN GAMES merupakan proyek bersama, sehingga diperlukan kerja sama dari semua pihak, agar dapat terlaksana dengan baik,“ harapnya.

(Humas BPKP Pusat/suryo,tine/end)



Share      

Berita Terkait:

17 Mei 2017 16:37:46 / puslitbang2 / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Indeks AP3N Membuka Cakrawala Baru Pengawasan di Lingkungan Kemenristek-Dikti
17 Mei 2017 16:27:09 / diy1 / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Puskesmas se-Kabupaten Cilacap Siap Terapkan PPK BLUD
08 Mei 2017 08:50:13 / puslitbang2 / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Indeks AP3N Segera Diimplementasikan
04 Mei 2017 16:56:44 / sumbar1 / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Mewujudkan Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Desa Di Kab Solok
03 Mei 2017 18:32:06 / riau1 / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Kaper BPKP Riau Ajak Tingkatkan Komitmen Menjaga Keuangan Desa