Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

BPKP Riau Siap Kawal Akuntabilitas Keuangan Kab Siak
31 Desember 2016 21:52:29 / riau1 / dibaca: 1673 kali / Kat: SPIP

“Keuangan desa yang diturunkan dalam jumlah besar  bagaikan gula yang mengundang semut datang, untuk itu agar tidak terjadi penyimpangan, gula perlu dijaga agar semut tak membawanya lari. Dalam hal ini peran BPKP diharapkan dapat mendorong tata kelola keuangan yang baik di pedesaan di Siak”.

Demikian diungkapkan Bupati Siak H Syamsuar pada Gelar Pengawasan Pemerintah Daerah Kabupaten Siak tahun 2016 di Gedung Maharatu Siak, Kamis (29/12). Gelar Pengawasan Pemerintah Daerah Kabupaten Siak tahun 2016 tersebut mengangkat  tema "Tingkatkan Komitmen SKPD Dalam Menyelesaian Temuan Hasil Pengawasan", diikuti oleh sekitar 200 peserta terdiri dari para Kepala SKPD, Kepala UPT Puskesmas, Kepala UPT Pendidikan, para Camat, Kepala Desa,  Lurah dan Penghulu kampung sekabupaten Siak.

Menurut Bupati, pentingnya  peran keuangan desa dapat dikaitkan dengan nilai APBD yang turun drastis, sementara anggaran untuk dana desa sudah diinstruksikan oleh pusat tidak akan menurun jumlahnya. “Untuk itu, seyogyanya desa dapat lebih mandiri dan tidak mengandalkan APBD kabupaten saja,” tegas Bupati.

Sementara itu, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Riau Dikdik Sadikin didampingi Pelaksana Tugas Korwas Bidang APD BPKP Riau Rustam dan Korwas Bidang P3A BPKP Riau Yulissa Ananda, mengatakan bahwa keuangan desa tidak saja bersumber dari dana desa, tetapi juga  dari ADD Bagi Hasil Pajak Retribusi dan Bantuan Keuangan dari kabupaten, serta Bantuan Keuangan dari provinsi. “BPKP Riau siap untuk mendorong terwujudnya akuntabilitas kinerja dan Keuangan Pemerintah Kabupaten Siak, antara lain mengawal keuangan desanya. Berkoordinasi dengan Kementrian Dalam Negeri, BPKP siap membantu akuntabilitas keuangan desa dengan aplikasi Siskeudes,” ujar Dikdik Sadikin.

Dikdik Sadikin menjelaskan melalui aplikasi tersebut akan memudahkan pencatatan dan pelaporan serta pelaksanaan kewajiban-kewajiban dalam transaksi keuangan desa. Dikdik Sadikin selanjutnya menyampaikan apresiasinya atas komitmen Bupati Siak yang mendukung pengawasan ini, sehingga diharapkan akuntabilitas dapat terbangun dan mengurangi kegamangan pelaksanaan pembangunan serta pelaksana dan pejabatnya dapat “selamat” sampai tujuan. Pada acara tersebut juga dilakukan diskusi seputar dana desa dan peruntukannya, sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.  

(Humas BPKP Riau/S.Hadi Pranoto/end)

 



Share      

Berita Terkait:

14 Maret 2017 07:53:19 / sumbar1 / dibaca: kali / Kat: SPIP
BPKP Sumbar Dorong Pemprov. Sumbar Lebih Maju
13 Maret 2017 08:11:55 / sumsel1 / dibaca: kali / Kat: SPIP
Pentingnya Komitmen Pimpinan dalam Peningkatkan Maturitas SPIP
04 Maret 2017 20:05:32 / lampung1 / dibaca: kali / Kat: SPIP
Provinsi Lampung Kejar Target SPIP di Level 3
13 Pebruari 2017 14:29:27 / suryo / dibaca: kali / Kat: SPIP
Penilaian Tingkat Maturitas SPIP melalui Pendekatan HLPQ di BNPT
09 Pebruari 2017 12:12:30 / jabar1 / dibaca: kali / Kat: SPIP
DPRD Kabupaten Tasikmalaya Dapatkan Pencerahan dari BPKP Jabar