Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

Bersama Kaum Laki-laki Membangun Bangsa
23 Desember 2016 15:05:13 / endang / dibaca: 3002 kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial

Peringatan Hari Ibu setiap tahunnya diselenggarakan untuk mengenang dan menghargai perjuangan kaum perempuan Indonesia, yang telah berjuang bersama-sama kaum laki-laki dalam merebut kemerdekaan dan berjuang meningkatkan kualitas hidupnya. Inilah yang membedakan Hari Ibu di Indonesia dengan peringatan “Mother Days” di beberapa negara dunia.” 

Demikian sambutan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise yang dibacakan Meidyah Indreswari selaku Pembina Upacara Peringatan Hari Ibu (PHI) ke-88 pada Kamis (22/12) di halaman kantor Gedung BPKP Pusat Jl. Pramuka No. 33 Jakarta Timur. Upacara diikuti oleh para Deputi Kepala BPKP, para pejabat struktural, pegawai BPKP Pusat, Perwakilan BPKP DKI, dan Perwakilan BPKP Banten.

Hari Ibu di Indonesia dilandasi oleh tekad dan perjuangan kaum perempuan untuk mewujudkan kemerdekaan dilandasi oleh cita-cita dan semangat persatuan kesatuan menuju kemerdekaan Indonesia yang aman, tenteram, damai, adil, dan makmur sebagaimana dideklarasikan pertama kali dalam Kongres Perempuan Indonesia pada tanggal 22 Desember 1928 di Yogyakarta.

Tema yang diangkat dalam Peringatan Hari Ibu 2016 adalah "Kesetaraan Laki-Laki dan Perempuan untuk mewujudkan Indonesia yang Bebas dari Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak, Perdagangan Orang dan Kesenjangan Akses ekonomi terhadap Perempuan."

Hal  ini  didasari oleh situasi dan kondisi di masyarakat saat ini, manakala persoalan kekerasan, perdagangan orang dan kesenjangan akses ekonomi perempuan,masih sangat tertinggal dibandingkan laki-laki. Maraknya kekerasan khususnya kejahatan seksual terhadap anak juga menjadi permasalahan bangsa, yang harus segera dituntaskan oleh berbagai kalangan. Mengingat bahwa anak adalah tunas muda harapan bangsa, yang kelak akanmelanjutkan tongkat estafet kepemimpinan bangsa di masa mendatang.

Peringatan Hari Ibu juga menunjukkan bahwa perjuangan kaum perempuan Indonesia, telah menempuh proses yang sangat panjang dalam mewujudkan persamaan peran dan kedudukannya dengan kaum laki-laki, mengingat keduanya merupakan sumber daya potensial yang menentukan keberhasilan pembangunan.

Peran dan kontribusi perempuan dalam pembangunan tidak dapat dipungkiri lagi. Di Indonesia, saat ini telah banyak kaum perempuan yang memiliki peran dan posisi strategis di berbagai kehidupan. Hal ini membuktikan bahwa perempuan apabila diberi peluang dan kesempatan mampu meningkatkan kualitas hidupnya secara mandiri. Perempuan dalam berbagai dimensi kehidupan berbangsa dan bernegara juga mampu menjadi motor penggerak dan motor perubahan (agent of change).

Melalui momentum Peringatan Hari Ibu di era kekinian diharapkan dapat mewariskan nilai-nilai luhur dan semangat perjuangan yang terkandung dalam sejarah perjuangan kaum perempuan kepada seluruh masyarakat Indonesia, terutama generasi penerus bangsa, agar mempertebal tekad dan semangat untuk bersama-sama melanjutkan dan mengisi pembangunan dengan dilandasi semangat persatuan dan kesatuan.

Penyelenggaraan Peringatan Hari Ibu ke-88 Tahun 2016 ini diharapkan mampu berjalan sesuai dengan prinsip “equal partnership”. Prinsip ini mencerminkan bagaimana perempuan Indonesia bersama kaum laki-laki berperan membangun bangsa, sekaligus juga berperan aktif membangun kesejahteraan dan menjalin hubungan yang erat dengan berbagai bangsa di dunia, baik di tingkat regional maupun internasional.

Dalam amanat tersebut juga mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat khususnya kaum perempuan Indonesia untuk terus berkarya, mampu menjaga sosok yang mandiri, kreatif, inovatif percaya diri dan meningkatkan kualitas dan kapabilitas dirinya, sehingga bersama laki-laki menjadi kekuatan yang besar dalam membangun bangsa.

(Humas BPKP Pusat/idiya/santi/end)

 



Share      

Berita Terkait:

17 April 2017 10:43:25 / riau1 / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Gubernur Akui Bantuan BPKP Riau Dorong Akuntabilitas Pemda
13 April 2017 21:30:17 / nurjana / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Pekan Olahraga dan Seni, Ajang Me-Recharge Semangat Integritas
12 April 2017 14:37:21 / sulut1 / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Gubernur Kukuhkan Kwinhatmaka sebagai Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Utara
27 Maret 2017 07:27:34 / nuri.sujarwati / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
BPKP menerima Public Relations Indonesia Awards (PRIA) Tahun 2017
25 Maret 2017 20:48:22 / sumbar1 / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Penyerahan Tongkat Estafet Kepemimpinan BPKP Sumbar