Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

Pengukuhan Kaper BPKP Provinsi Riau
23 Desember 2016 15:09:03 / riau1 / dibaca: 7223 kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial

Gubernur Riau H Arsyadjuliandi Rachman Mengukuhkan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Riau Dikdik Sadikin, Selasa (20/12) di Gedung Daerah Provinsi Riau. Acara pengukuhan ini dihadiri langsung oleh Kepala BPKP Ardan Adiperdana dengan didampingi oleh Deputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah, Dadang Kurnia.

Acara pengukuhan ini juga dihadiri oleh Ketua DPRD Provinsi Riau, Para Anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Provinsi Riau, Sekretaris Daerah Provinsi Riau, Para Walikota dan Bupatidi wilayah Provinsi Riau, Para Inspektur di wilayah Provinsi Riau, Para Kepala Kantor Instansi Vertikal, Pimpinan BUMN/D dan Kepala Badan/Dinas di lingkungan Pemerintah Provinsi Riau.

Kepala BPKP Ardan Adiperdana dalam sambutanya menyampaikan apresiasinya kepada Gubernur Riau yang telah berkenan mengukuhkan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Riau Dikdik Sadikin. Ardan berharap Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Riau yang baru dapat diterima sebagai mitra kerja, sehingga kerja sama yang telah berjalan dengan sangat baik selama ini antara Perwakilan BPKP Provinsi Riau dengan Pemerintah Provinsi Riau serta stakeholder lainnya dapat terus dipertahankan.

Pada kesempatan itu  Ardan  juga memberikan selamat kepada Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Riau yang baru, Dikdik Sadikin dan berharap dapat segera aktif menjalankan tugasnya selaku Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Riau. Ardan  juga mengucapkan terima kasih kepada Sueb Cahyadi yang telah menjabat Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Riau selama kurang lebih lima belas bulan dan telah bekerja dengan baik. Ardan  berharap kepada Sueb Cahyadi agar dapat menjalankan amanah di tempat yang baru sebagai Direktur Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah Wilayah I, di BPKP Pusat.

Di hadapan Gubernur Riau dan Pemerintah Provinsi Riau, Ardan juga mengingatkan beberapa target Rencana Pembangunan Nasional 2015-2019 yang harus dicapai oleh setiap pemerintah daerah, khususnya terkait dengan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah, penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) dan Kapabilitas Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP).

Pada tahun 2019, setiap pemerintah daerah diharapkan dapat memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), serta mencapai maturitas penyelenggaraan SPIP dan kapabilitas APIP pada level 3. Ardan mengatakan, secara nasional sampai dengan saat ini, baru sebanyak 312 pemerintah daerah atau 57,56 % pemerintah daerah yang telah memperoleh opini WTP. Sedangkan di wilayah Provinsi Riau, pemerintah daerah yang telah memperoleh opini WTP sebanyak  6 pemerintah daerah dari 13 pemerintah daerah atau 46,15 % pemerintah daerah yang telah memperoleh opini WTP.

Selain itu, Ardan  juga mengingatkan pentingnya ketepatan waktu penetapan APBD. Menurutnya ketepatan waktu penetapan APBD akan memberikan waktu yang cukup bagi pemerintah daerah untuk merealisasikan program dan kegiatan yang telah direncanakan. Namun sebaliknya keterlambatan waktu penetapan APBD, juga mengandung risiko tidak dapat diselesaikannya program dan kegiatan secara tepat waktu dan bahkan berpotensi menimbulkan permasalahan, terkait penyelesaian kontrak pekerjaan. Ardan berharap seluruh pemerintah daerah di wilayah Provinsi Riau dapat mengupayakan ketepatan waktu penetapan APBD untuk Tahun Anggaran 2017.

Di akhir sambutannya Ardan memberikan apresiasi dan selamat kepada Gubernur, Bupati dan Walikota atas suksesnya penyelenggaraan Hari Anti Korupsi Internasional di Pekanbaru beberapa waktu lalu. Dikatakanya upaya pencegahan korupsi di Riau dengan bantuan dan pengawalan KPK merupakan langkah yang tepat untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih dan bebas dari KKN.

(Humas BPKP Riau/S.Hadi Pranoto/end)

 



Share      

Berita Terkait:

20 September 2017 12:57:43 / adminkita / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
PT. Aneka Tambang (Persero) Tbk Raih Juara Umum di Annual Report Award 2016
20 September 2017 12:52:06 / kalbar1 / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Peran Nyata BPKP dalam Mengawal Akuntabilitas Dana Desa
15 September 2017 09:33:55 / adminkita / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
BPKP Raih Penghargaan di Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2017
01 September 2017 19:35:30 / adminkita / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
BPKP Selenggarakan Sholat Idul Adha Bersama
25 Agustus 2017 09:27:56 / sulbar1 / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Ngobrol Bareng Gubernur Sulbar tentang Dana Desa


Loading the Player...
Video Lainnya