Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

Maksimalkan Pemanfaatan Hasil Litbang Melalui Kapitalisasi Informasi
21 Desember 2016 09:36:29 / puslitbang2 / dibaca: 6063 kali / Kat: Evaluasi

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Lampung, Sally Salamah dalam entry meeting sekaligus wawancara dengan Tim dari Puslitbangwas yang dipimpin oleh Kepala Bidang Pemanfaatan dan Evaluasi, Jamason Sinaga, Kamis (15/12) di ruang kerjanya, mengemukakan bahwa dalam memaksimalkan pemanfaatan hasil litbang dilakukan dengan melalui kapitalisasi informasi.  Entry meeting dan wawancara tersebut dilakukan dalam rangka melakukan evaluasi kegiatan penelitian dan pengembangan yang telah dilakukan oleh Puslitbangwas BPKP.

Menurut Jamason tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk memperoleh masukan terkait dengan etika peneliti dan materi wawancara/kuesioner saat dilakukan pengumpulan data penelitian yang pernah dilakukan Puslitbangwas di Perwakilan BPKP Provinsi Lampung. Hal tersebut sebagaimana self assessment terhadap Puslitbangwas sendiri mengenai sejauh apa proses penelitian yang pernah dilakukan dalam rangka pengembangan litbang ke depan.

Sally juga menyatakan hasil litbang sangat bermanfaat dalam mendukung tugas-tugas yang dilakukan oleh perwakilan. Menurutnya, agar pemanfaatan hasil litbang menjadi lebih maksimal, maka Puslitbangwas perlu melakukan kapitalisasi informasi atas kegiatan-kegiatan litbang, sehingga hal tersebut dapat menjadi latar belakang dan mendukung kegiatan penugasan yang dilakukan oleh kedeputian dan perwakilan.

Perwakilan BPKP Provinsi Lampung sendiri dalam menyampaikan Laporan Kinerja akan mengkombinasikan hasil evaluasi dari beberapa bidang yang terkait dengan penugasan dengan tema yang sama seperti kesehatan, sehingga menjadi rekomendasi yang mendukung RPJMD Gubernur.

Sally berharap agar Puslitbangwas memperbanyak penelitian atau kajian pendek yang dapat mendukung penugasan-penugasan dari Kepala BPKP maupun oleh rendal dan perwakilan di awal tahun, hasil penelitian atau kajian tersebut bersifat cepat, sehingga ketika muncul isu strategis, maka Puslitbangwas dapat memberikan masukan.

(Humas Puslitbangwas: Pakde/Jamason/Riyad/@rye/end)

 

 



Share      

Berita Terkait:

16 April 2018 10:04:45 / sumut1 / dibaca: kali / Kat: Evaluasi
BPKP Sumut Monitoring Pembangunan Pelabuhan Multipurpose Kuala Tanjung
16 April 2018 07:58:12 / riau1 / dibaca: kali / Kat: Evaluasi
Melihat dari Dekat Program Padat Karya Dana Desa 2018 di Kab Rokan Hulu
13 April 2018 16:34:36 / kalbar1 / dibaca: kali / Kat: Evaluasi
Pentingnya Prinsip Transparansi dan Tertib Anggaran dalam Pengelolaan Keuangan
12 April 2018 14:39:56 / kalbar1 / dibaca: kali / Kat: Evaluasi
SISKEUDES Bantu Hindari Penyimpangan dalam Pengelolaan Keuangan Desa
04 April 2018 14:32:55 / kalbar1 / dibaca: kali / Kat: Evaluasi
KAPUAS HULU: PEMERINTAH DESA HARUS BISA MENERAPKAN PRINSIP TRANSPARAN, TERTIB DAN DISIPLIN ANGGARAN