Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

Siskeudes Tingkatkan Kinerja Pemerintah Desa
20 Desember 2016 20:54:41 / lampung1 / dibaca: 1142 kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial

“Indonesia tidak akan bercahaya karena obor besar di Jakarta. Indonesia baru akan bercahaya karena lilin-lilin di desa.” Demikian kutipan yang disampaikan oleh Deputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah, Dadang Kurnia, pada acara Penyerahan Aplikasi Siskeudes oleh BPKP kepada Pemerintah Provinsi Lampung di Balai Keratun Kantor Gubernur Lampung (16/12).

Kegiatan ini dilaksanakan bersamaan dengan perhelatan Silaturahmi Gubernur dalam rangka Penyerahan Bantuan Keuangan Provinsi kepada Desa/Kelurahan se-Provinsi Lampung.   Acara  dihadiri oleh  Gubernur Lampung M.Ridho Ficardo, Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Kepala Daerah dan Kepala BPMPD se-Provinsi Lampung, serta Kepala Desa/Pekon.

Acara dibuka dengan diawali pembacaan laporan panitia dari Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Provinsi Lampung, Yuda Setiawan. Dalam laporannya, disebutkan bahwa satu kabupaten di Provinsi Lampung, yaitu  Kabupaten Pringsewu seluruh desanya telah mengimplementasikan aplikasi Siskeudes.

Kabupaten Pringsewu  merupakan kabupaten yang paling cepat menyampaikan laporan keuangan desanya, artinya aplikasi Siskeudes ini terbukti dapat meningkatkan kinerja pemerintah desa. Diharapkan pada tahun 2017 seluruh desa/pekon di Provinsi Lampung telah menggunakan aplikasi Siskeudes.

Lebih lanjut Kepala BPMPD Provinsi Lampung menuturkan bahwa Pemerintah Provinsi Lampung akan mengucurkan bantuan dana peningkatan administrasi pemerintahan desa/kelurahan sebanyak Rp14,789 Miliar bagi 2.640 desa/kelurahan se-Provinsi Lampung. Dana bantuan tersebut akan diserahkan melalui transfer langsung sebesar Rp5.600.000,00 ke masing-masing rekening desa/kelurahan untuk membantu kegiatan administrasi.

Pada kesempatan itu, Deputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah, Dadang Kurnia, dalam sambutannya mengemukakan bahwa Siskeudes adalah aplikasi yang dikembangkan bersama dengan Permendagri sebagai regulator, sehingga hasil dari penggunaan aplikasi tersebut akan sesuai dengan peraturan yang berlaku. Saat ini, Siskeudes telah diaplikasikan di lebih dari 18.000 desa di Indonesia.

Dadang menjelaskan, “BPKP akan mendampingi implementasi Siskeudes di tingkat kabupaten/kota, agar kemudian mereka mentransfer ilmunya ke tingkat desa/pekon di wilayahnya. Dasar-dasar akuntansi tetap harus dikuasai oleh pemegang aplikasi Siskeudes di pemerintah desa, dengan adanya aplikasi ini akan mempercepat dan mempermudah pemerintah desa untuk menyelesaikan laporan keuangan desanya secara tepat waktu dan akuntabel,” jelas Dadang.

Pada kesempatan itu juga dilakukan penyerahan Aplikasi Siskeudes secara simbolis yang diserahkan oleh Kepala Perwakilan BPKP Lampung, Sally Salamah, kepada perwakilan pemerintah kabupaten/kota di Provinsi Lampung, yang kemudian disusul dengan kegiatan penyerahan piagam penghargaan kepada desa dan kelurahan yang memenangkan Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Tahun 2016.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan bantuan keuangan Pemerintah Provinsi kepada desa dan pekon se-Provinsi Lampung secara simbolis yang diserahkan oleh Gubernur Lampung dan Deputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah.

(Humas BPKP Lampung/end)



Share      

Berita Terkait:

24 Januari 2017 18:47:35 / kalbar1 / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Kaper BPKP Kalbar Hadiri Peresmian Kantor Kejaksaan Tinggi Kalbar
24 Januari 2017 07:52:02 / kalsel1 / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
BPKP Terima Penghargaan atas Pendampingan di PDAM Intan Banjar
11 Januari 2017 21:53:44 / suryo / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Gubernur Kaltara Kukuhkan Alexander Rubi sebagai Kaper BPKP Kaltara
23 Desember 2016 15:09:03 / riau1 / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Pengukuhan Kaper BPKP Provinsi Riau
23 Desember 2016 15:05:13 / endang / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Bersama Kaum Laki-laki Membangun Bangsa