Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

Inovasi Excellent untuk Merubah Wajah Birokrasi
05 Desember 2016 17:11:23 / puslitbang2 / dibaca: 1956 kali / Kat: Sosialisasi

“Pameran Inovasi yang dilaksanakan oleh Pusdiklat LAN ini merupakan pameran terhebat di negeri ini, karena penjaga stand pamerannya adalah pejabat eselon I dan II di Instansinya masing-masing, menampilkan proyek perubahan unggulan yang merupakan promosi gagasan berupa inovasi excellent.“ Demikian dinyatakan oleh Deputi  Pendidikan dan Aparatur Lembaga Administrasi Negara RI Muhammad Idris mewakili Ketua LAN RI ketika membuka Pameran Inovasi Pimpinan Tinggi ASN, Kamis (1/12).

Pameran Inovasi Pimpinan Tinggi Aparat Sipil Negara yang diikuti oleh seluruh peserta diklatpim I Angkatan XXXIV dari perwakilan Kementerian/Lembaga/Pemerintah Provinsi ini, merupakan ajang inovasi dari peserta diklatpim I yang dituangkan dalam bentuk proyek perubahan. Pameran yang dibuka oleh Ketua Lembaga Administrasi Negara diwakili oleh Deputi  Pendidikan dan Aparatur  Muhammad Idris tersebut, merupakan rangkaian kegiatan yang harus diikuti oleh seluruh peserta diklatpim I.

Hadir dalam acara tersebut Kepala Pusdiklat LAN Purwastuti yang memberikan sambutan sebagai laporan pelaksanaan pameran inovasi, seluruh peserta diklatpim I Perwakilan dari Kementerian/ Lembaga Pemerintah Provinsi dari seluruh Indonesia, dan dihadiri pula oleh Kepala Puslitbangwas BPKP Sumitro mewakili Kepala BPKP.

Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN) Adi Suryanto pada kesempatan itu menyatakan, "Pemimpin tidak perlu kehilangan kepercayaan diri untuk melakukan perubahan yang cukup mendasar pada birokrasinya. Jangan karena tidak adanya ruang yang tersedia untuk mengambil diskresi membuat seorang pemimpin yang sebenarnya ingin melakukan perubahan "tenggelam" dalam rutinitas birokrasi," ungkapnya.

Adi Suryanto mengemukakan bahwa birokrasi saat ini sedang mengalami perubahan yang dahsyat, setidaknya saat ini telah tercatat 33 ribu inovasi di sektor publik yang tersebar di seluruh Indonesia. "Walaupun inovasi yang dilakukan masih sampai pada tahap ATM (Amati, Tiru dan Modifikasi), namun, hal itu telah merubah wajah birokrasi saat ini," pungkasnya.

Diantara 29 peserta Diklapim I tersebut terdapat seorang peserta dari BPKP yaitu Ernadhi Sudarmanto selaku Direktur Investigasi Instansi Pemerintah dengan proyek perubahan Pencegahan Penyimpangan Melalui Identifikasi Risiko Penganggaran (CITRA).

(Humas Puslitbangwas: Pakde/@rye/end)



Share      

Berita Terkait:

24 Maret 2017 11:29:03 / papuabarat1 / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi
Efektivitas Pembinaan BPKP Dalam Peningkatan Kapabilitas APIP
09 Maret 2017 19:56:07 / diy1 / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi
UPT Dinas Kesehatan Kab. Kebumen Siap Ber-SIA BLUD
07 Maret 2017 19:43:13 / sakd1 / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi
Penerapan E-Planning Salah Satu Sarana Pencegahan Korupsi
04 Maret 2017 20:57:08 / adisasongko / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi
Perubahan Proses Bisnis BPKP melalui SIMA
27 Pebruari 2017 17:34:22 / diy1 / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi
BPKP Siap Menuju WBK