Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

Capai Kinerja Beyond Expectation dengan SPIP
01 Desember 2016 09:04:57 / Reza / dibaca: 1944 kali / Kat: SPIP

Jakarta – (30/11) Dalam rangka penilaian maturitas penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) Kementerian Luar Negeri, telah dilakukan wawancara dengan sejumlah pejabat Kementerian Luar Negeri oleh tim penilai maturitas penyelenggaran SPIP dari Deputi Kepala Bidang Polhukam PMK BPKP di Ruang Rapat Sekretariat Jenderal Kementerian Luar Negeri.

Hadir dalam acara tersebut Deputi Kepala Bidang Polhukam PMK BPKP Binsar H Simanjuntak, Direktur Bidang Polhukam Lainnya Djoko Prihardono, Sekretaris Jenderal Kementerian Luar Negeri Yohanes Kristiarto Soeryo Legowo, Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik Esti Andayani, Direktur Jenderal Protok dan Konsuler Andri Hadi, beserta tim penilaian maturitas penyelenggaraan SPIP dari BPKP, dan pejabat struktural di lingkungan Kementerian Luar Negeri.

Sekretaris Jenderal Kementerian Luar Negeri Yohanes Kristiarto Soeryo Legowo dalam sambutan pembukaan memberikan apresiasi kepada BPKP yang terus memberikan dukungan dan perbaikan dalam penyelenggaraan SPIP di Kementerian Luar Negeri. “Penyelenggaraan SPIP di Kementerian Luar Negeri menjadi sorotan dan perhatian kami dalam peningkatan opini laporan keuangan Kementerian Luar Negeri yang saat ini Wajar Dengan Pengecualian (WDP), sehingga kedepannya bisa memberikan capaian dan kinerja yang beyond expectation”, ujarnya.

Deputi Kepala Bidang Polhukam PMK BPKP Binsar H Simanjuntak pada kesempatan itu memaparkan beberapa hal diantaranya amanat Wakil Menteri (Wamen) Kementerian Luar Negeri AM Fachri yaitu SPIP merupakan alat untuk membantu tujuan Kementerian Luar Negeri tercapai. “Perlu upaya dan komitmen yang konstan dan berkelanjutan dari Kementerian Luar Negeri, sehingga bisa memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya kepada masyarakat,” ungkap Binsar. Melalui penilaian maturitas penyelenggaraan SPIP ini diharapkan BPKP bisa memotret implementasi SPIP yang sudah ada di Kementerian Luar Negeri secara garis besar. Selanjutnya, hasil dari penilaian maturitas penyelenggaraan SPIP ini akan dikomunikasikan kepada pihak Kementerian Luar Negeri sebagai bagian dari fairness.

Tim penilai maturitas penyelenggaran SPIP dari Deputi BPKP Bidang Polhukam PMK Bidang Polhukam Lainnya yang dikomandoi Direktur Bidang Polhukam Lainnya Djoko Prihardono  kemudian mengajukan sejumlah pertanyaan dan wawancara kepada pejabat Kementerian Luar Negeri terkait dengan penilaian maturitas SPIP di Kementerian Luar Negeri.

Di akhir acara, Yohanes berharap agar semua pihak legowo menerima hasil evaluasi dan penilaian maturitas penyelenggaraan SPIP sebagai masukan kedepannya, sehingga mempermudah upaya perbaikan dan niat baik Kementerian Luar Negeri dalam memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya.

(Humas BPKP Pusat/reza/tine/end)

 



Share      

Berita Terkait:

14 Maret 2017 07:53:19 / sumbar1 / dibaca: kali / Kat: SPIP
BPKP Sumbar Dorong Pemprov. Sumbar Lebih Maju
13 Maret 2017 08:11:55 / sumsel1 / dibaca: kali / Kat: SPIP
Pentingnya Komitmen Pimpinan dalam Peningkatkan Maturitas SPIP
04 Maret 2017 20:05:32 / lampung1 / dibaca: kali / Kat: SPIP
Provinsi Lampung Kejar Target SPIP di Level 3
13 Pebruari 2017 14:29:27 / suryo / dibaca: kali / Kat: SPIP
Penilaian Tingkat Maturitas SPIP melalui Pendekatan HLPQ di BNPT
09 Pebruari 2017 12:12:30 / jabar1 / dibaca: kali / Kat: SPIP
DPRD Kabupaten Tasikmalaya Dapatkan Pencerahan dari BPKP Jabar