Optimalkan Kualitas Manajemen Informasi Hasil Pengawasan

Jakarta, Senin(07/11) – Pusat Informasi Pengawasan  Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) menyelenggarakan Forum Manajemen Data Hasil Pengawasan dan Rekonsiliasi Database Hasil Pengawasan Tahun 2016  di Lingkungan BPKP,  di Aula Timur Gedung Kantor BPKP Pusat Lt.2 Jl. Pramuka No.33 Jakarta. Forum dilaksanakan selama 3 hari dari tanggal 7 s.d. 9 November  2016.

Forum dibuka oleh Deputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan Penyelenggara Keuangan Daerah, Dadang Kurnia, dan hadir sebagai narasumber  forum  adalah Panca dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Peserta forum adalah Para Koordinator Pengawasan P3A dan Para Kasubag Prolap dari perwakilan BPKP  beserta staf.

Adapun yang menjadi tema Forum kali ini adalah Dukungan Sistem Informasi yang Berkualitas Kita Optimalkan Kualitas Manajemen Informasi Hasil Pengawasan bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan validitas hasil pengawasan yang terkait dengan temuan pemeriksaan/tindak lanjut (TP/TL).

Kepala Pusinfowas, Iwan Taufiq Purwanto, dalam sambutannya mengatakan, “rekonsiliasi database hasil pengawasan diperlukan, karena SIM HP BPKP saat ini belum seluruhnya online, aplikasi belum berbasis web, belum seluruh perwakilan secara disiplin menjalankan update, baik aplikasi maupun database dan belum seluruh perwakilan memposting datanya dengan tertib,” jelas Iwan Taufik Purwanto.

Iwan berharap dalam forum ini peserta dapat meningkatkan keakuratan saldo temuan hasil pengawasan melalui rekonsiliasi database SIM HP antara perwakilan dengan Pusinfowas, meningkatkan ketepatan substansi dan waktu pengiriman laporan berkala kepada stakeholder, mengindentifikasikan permasalahan terkait pengelolaan hasil pengawasan pada Perwakilan BPKP, menyosialisasikan aplikasi SIMA, menyosialisasi dan meminta masukan terkait perubahan pedoman penyusunan laporan berkala BPKP dan kodering pengawasan, dan terakhir transfer knowledge di bidang pengelolaan hasil pengawasan.

Deputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan penyelenggara Keuangan Daerah, Dadang Kurnia dalam arahannya menguraikan tentang  permasalahan dalam pengelolaan data hasil  pengawasan, saran-saran,  proyek SIMA dan penghargaan atas pengelolaan data hasil pengawasan dan pemanfaatan teknologi informasi. Dadang mengatakan perlu peran aktif unit pemeriksa (Perwakilan) serta koordinasi dengan unit Kedeputian Rendal untuk mempercepat Tindak Lanjut hasil pengawasan. Dadang berharap  forum ini bisa dilaksanakan dengan baik dan bisa menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi semua.

 (Humas BPKP Pusat/tine/edi/end)