Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

Monitoring Pemkot Magelang atas Action Plan Menuju WTP
31 Oktober 2016 15:15:11 / diy1 / dibaca: 4174 kali / Kat: Evaluasi

Perwakilan BPKP DIY bersama seluruh Kepala SKPD di lingkungan Pemerintah Kota Magelang melakukan monitoring action plan sebagai tindak lanjut hasil audit BPK dalam rangka meraih Opini WTP. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Wakil Walikota Magelang, Windarti Agustin, Rabu (26/10) bertempat di ruang sidang lantai 2 Sekretariat Daerah Kota Magelang.

Pada kesempatan itu, hadir pula Kepala Perwakilan BPKP DIY, Tytut Ratih Kusumo, Koordinator Pengawasan Bidang APD, Yuli Kurnianto, dan pengendali teknis, Sugimulyo.

Inspektur Kota Magelang, Djatmo Wahyudi dalam laporannya menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Magelang menjadi pilot project BPK dalam penyelesaian tindak lanjut hasil audit BPK tahun 2015 secara online dan batas waktu harus sudah ditindaklanjuti seluruh rekomendasi BPK pada 5 Desember 2016, sejalan dengan komitmen untuk meraih opini WTP pada LKPD tahun 2016. Untuk itu pada kesempatan monitoring ini Inspektur Kota Magelang menanyakan langsung kepada Kepala SKPD  satu persatu sebagai pihak penanggungjawab tindak lanjut yang sudah tertuang dalam action plan, secara garis besar sebagian sudah tuntas ditindaklanjuti dan sebagian berkomitmen akan menindaklanjuti paling lambat pada 30 November 2016.

Kepala Perwakilan BPKP DIY,Tytut Ratih Kusumo menyampaikan bahwa untuk meraih WTP tidak hanya tertumpu pada satu atau dua SKPD, namun seluruh SKPD harus berperan yaitu dengan cara segera melakukan tindaklanjut atas temuan BPK, memastikan temuan yang sama tidak terjadi lagi pada SKPD yang bersangkutan atau pada SKPD yang lainnya, dan dalam pengelolaan keuangan daerah senantiasa memahami dan memperhatikan Standar Akuntansi Pemerintah, melakukan pengendalian intern yang memadai dan mematuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Wakil Walikota Magelang, Windarti Agustina, pada akhir kegiatan mengatakan bahwa perlu tindakan nyata untuk menuntaskan tindak lanjut, harapannya adanya ketenangan dan keseriusan bekerja yang berorientasi hasil dari Kepala SKPD untuk sekuat tenaga dengan mencurahkan segala daya upaya dalam menuntaskan tindak lanjut, seperti yang sudah tertuang dalam komitmen yang disepakati pada kegiatan monitoring kali ini. Rencananya kegiatan yang sama akan dilakukan pada akhir bulan November 2016. Windarti Agustina juga berharap Perwakilan BPKP DIY agar senantiasa membimbing dan menjadi tempat konsultasi bagi setiap permasalahan di Pemerintah Kota Magelang.

(Humas BPKP DIY/Sugim)



Share      

Berita Terkait:

28 September 2017 11:21:46 / jambi1 / dibaca: kali / Kat: Evaluasi
BPKP Jambi Koordinasi Pengawasan dengan Kota Sungai Penuh dan Kab. Kerinci
20 September 2017 07:49:46 / tri_sutrisno / dibaca: kali / Kat: Evaluasi
Komisi XI DPR RI Setujui RKA BPKP T.A. 2018
11 Agustus 2017 08:50:44 / sumsel1 / dibaca: kali / Kat: Evaluasi
BPKP Sumsel Siap Dukung Penuh Pemprov Sumsel
08 Agustus 2017 07:59:24 / kalsel1 / dibaca: kali / Kat: Evaluasi
Perlu Peran Serius BPKP dan BPK Untuk Kawal Dana Desa
07 Agustus 2017 14:57:32 / babel2 / dibaca: kali / Kat: Evaluasi
Erzaldi Minta BPKP Bina 24 Desa Percontohan di Wilayah Kepulauan Babel


Loading the Player...
Video Lainnya