Auditor Dituntut Mengupdate dan Mengupgrade Ilmu Pengetahuan

“Sebagai Pembina Aparat Pengawasan Internal Pemerintah (APIP), kita akan meningkatkan kompetensi APIP ke level 3. Tapi jangan sampai kita malah kalah sama yang kita bina. Jangan sampai kita malah lupa untuk meng-upgrade kompetensi kita sendiri,” demikian disampaikan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat, Herman Hermawan, ketika memberikan arahan pada kegiatan Pekan Ilmu di Ruang Kelas Aula Perwakilan BPKP Provinsi Sumbar, Senin (05/9).

Diinisiasi oleh Koordinator Pengawasan (Korwas) IPP Dessy Adin, Bidang IPP menyelenggarakan rangkaian kegiatan “Pekan Ilmu” selama satu minggu ke depan. Pekan ilmu yang akan berlangsung mulai tanggal 5 s.d 9 September 2016 tersebut memuat mengenai materi-materi seputar BPKP dan current issue yang penting bagi Auditor BPKP, yang ditujukan untuk meningkatkan kompetensi para auditor di lingkungan Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat.

Hadir dalam acara pembukaan Pekan Ilmu hari pertama, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumbar, Herman Hermawan, memberikan arahan dan sharing pengalaman. Herman Hermawan juga menyampaikan dukungan penuh pada kegiatan Pekan Ilmu tersebut. “Saya mendukung kegiatan seperti ini. Saya harap kegiatan yang bernilai tambah bagi pengembangan kompetensi diri seperti ini bisa sering diadakan mengingat kita sebagai pembina APIP juga harus sering mengupdate dan mengupgrade ilmu sekaligus pengetahuan kita,” jelas Herman.

Dalam Pekan Ilmu tersebut akan diisi beberapa materi diantaranya Proyek Strategies Nasional, Teknis presentasi yang baik, Perumusan Temuan, Pengelolaan Dana Bantuan Sosial, Maturitas SPIP, Kapabilitas APIP, Penyajian Kertas Kerja Pemeriksaan (KKP) yang Baik, Manajemen Risiko, UU No. 30  Tahun 2014 tentang Administrasi Pemerintahan, Dana Desa, Dana Hibah serta Manajemen Perubahan.Diharapkan dengan Pekan Ilmu tersebut para auditor semakin paham dan mengerti dalam menghadapi permasalahan-permasalahan yang terkait dengan materi-materi tersebut.

 

(Humas BPKP Sumbar/Aya/end)