Pemkab Banyuwangi Raih Maturitas SPIP Level 3

Banyuwangi (9/8) Bertempat di Pendopo Sabha Swagata Blambangan Banyuwangi, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Timur, Agus Setianto menyerahkan Hasil Penilaian Maturitas SPIP pada Pemerintah Kabupaten Banyuwangi dengan skor 3,4465 atau pada Level 3. Level ini mempunyai makna bahwa Bupati Banyuwangi dan jajarannya telah berkomitmen melaksanakan sistem pengendalian intern, dengan adanya kebijakan dan perangkat pengendalian intern yang telah dikomunikasikan dan dilaksanakan oleh pimpinan dan aparat pemda.

Penilaian maturitas SPIP pada Pemkab Banyuwangi oleh BPKP Provinsi Jawa Timur, dilaksanakan terhadap 10 SKPD yang mewakili penyelenggaraan layanan dasar dan layanan umum, serta fungsi dukungan yang terkait dengan pembinaan SDM dan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah.

Berdasarkan hasil penilaian, kematangan SPIP terutama pada unsur lingkungan pengendalian dan kegiatan pengendalian. Faktor lingkungan pengendalian telah kondusif untuk penyelenggaraan good governance pemerintahan daerah terutama ditunjang oleh komitmen tinggi dari Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas.

Sementara itu unsur kegiatan pengendalian telah berjalan dengan baik, sehingga meminimalkan terjadinya risiko kegagalan pencapaian tujuan terutama dengan adanya e-Government. Pemkab Banyuwangi berhasil mengintegrasikan pengelolaan dan pengendalian yang berbasis web atas seluruh tahapan pengelolaan keuangan daerah dan pelayanan publik.

Komitmen yang tinggi dalam menerapkan SPIP ditunjukkan oleh Abdullah Azwar Anas, yang dalam memimpin dan menjalankan roda pemerintahan daerah selalu mengendalikan, mengkomunikasikan, dan memantau pelaksanaannya secara intens. Di tengah kesibukan yang luar biasa, melalui gadget Bupati Banyuwangi dapat mengendalikan penyelenggaraan pemerintahan secara real-time.

Keteladanan Bupati dalam pengendalian  tersebut telah menciptakan lingkungan pengendalian yang sehat, sehingga sangat kondusif untuk berkinarja dengan baik. Di tingkat SKPD, pengendalian diintegrasikan dengan aplikasi berbasis web dalam bentuk SIMPADA, SIMBADA, SIVA, SIKD yang terintegrasi dalam SIMRAL, SIMPEG, e-Kinerja, SIM Presensi, SIM Pengaduan, SIM LPSE.

Dalam kesempatan itu, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Timur, Agus Setianto mengapresiasi tingkat maturitas atau kematangan SPIP yang telah diraih oleh Pemerintah Kabupaten Banyuwangi. Agus Setianto mengharapkan agar ke depan penyelenggaraan SPIP lebih terstruktur dengan mendasarkan pada hasil penilaian risko, sehingga mencapai level Terkelola dan Terukur. Pada level ini risiko-risiko dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah dapat teridentifikasi dan terukur, sehingga dapat dikelola dengan baik. Karenanya, Penyelenggaraan SPIP seyogyanya dikaitkan dengan kegiatan pokok atau utama SKPD, sehingga dampaknya akan langsung dirasakan pada kinerja layanan dasar dan peningkatan pelayanan publik.

Atas hasil penilaian tersebut, Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas bertekad untuk menjadikan hasil tersebut sebagai pemicu untuk berkinerja semakin baik. Capaian ini semakin melengkapi sederet penghargaan yang telah diraih oleh Bupati atau Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, diantaranya Investment Award, Government Award, Adipura, Wahana Tata Nugraha, Pangripta Nusantara, dan Opini WTP.

Abdullah Azwar Anas menyatakan bahwa kinerja yang baik, sehingga berhasil mendapatkan sederet prestasi tersebut bukan untuk dirinya, karena tujuannya semata-mata untuk peningkatan kesejahteraan rakyat.

(Humas BPKP Jatim/end)