Perlunya Sinerginitas dalam Pencegahan Korupsi

Dalam rangka ulang tahun BPKP ke-33 dan sekaligus untuk peningkatan peran APIP terutama dalam pencegahan korupsi, telah diselenggarakan dialog dengan tema “Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi APIP bersama KPK-RI, BPKP, dan Aparat Penegak Hukum dan Sosialisasi Klinik Akuntabilitas Desa Sulawesi Barat” Rabu, (1/6 )  bertempat di Aula Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Barat. Acara tersebut ditayangkan secara live  oleh TVRI Sulbar.

Peserta dialog berasal dari jajaran Kepala SKPD di lingkungan Provinsi Sulawesi Barat, Kepolisian, Kejaksaan, Inspektorat, BPMPD se-Sulawesi Barat, dan karyawan perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Barat, dengan menhadirkan tiga narasumber yaitu Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata, Gubernur Sulawesi Barat, Anwar Adnan Saleh, dan Direktur Investigasi Bidang BUMN dan BUMD, Alexander Rubi.

Dialog dibuka oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Barat, Wasis Prabowo. Dialog tersebut menghasilkan simpulan antara lain, bahwa pemberantasan korupsi agar lebih mengedepankan pencegahan dan perlunya sinerginitas antara aparat penegak hukum, APIP dan Pemerintah Daerah dalam pencegahan korupsi, dengan mengoptimalkan tugas pokok dan fungsi masing-masing lembaga.

(Humas BPKP Sulbar/TEM)