Bekali Aparat Pemda Implementasikan SISKEUDES

Yogyakarta (8/4) - Diklat sistem informasi keuangan desa yang dilaksanakan di Hotel Neo Awana Jalan Brigjen Sutoyo Yogyakarta ditutup oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi DIY Tytut Ratih Kusumo. Diklat tersebut diselenggarakan sejak tanggal 4 April 2016 diikuti oleh 30 peserta dari pemerintah daerah di wilayah kerja Perwakilan BPKP Provinsi DIY, dengan tujuan membekali peserta untuk mampu mengimplementasikan SISKEUDES (Sistem Informasi Keuangan Desa).

 

Suparman, yang terpilih sebagai peserta teraktif,dalam pesan dan kesannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada para instruktur dan panitia. Suparman juga menyampaikan harapan dengan adanya diklat aplikasi SISKEUDES dapat membantu aparat desa dalam mengelola keuangan.

Dalam kesempatan tersebut, Tytut menyampaikan bahwa sejak terbitnya UU nomer 6 tahun 2014 tentang Dana Desa,muncul banyak reaksi dari banyak kalangan, utamanya keraguan dengan kemampuan aparat desa dalam mengelola dana yang besar. SISKEUDES ini membantu pengelola dana desa dalam mempertanggung jawabkan dan melaporkan dana tersebut.

Tytut juga mengharapkan peserta diklat punya peran yang signifikan dalam mencegah dan mengurangi penyimpangan, maka setelah peserta diklat kembali ke tempat kerja masing masing  punya kewajiban melapor ke atasan tentang apa saja yang diperoleh dari diklat, membentuk tim untuk memfalsilitasi pengelolaan dana desa, membentuk klinik kerja dan mendorong pelaksanaan aplikasi SISKEUDES. (Humas BPKP DIY/Gio)